Jakarta (ANTARA) - Untuk mendapatkan tampilan wajah BJ Habibie di usia tua, Reza Rahadian menggunakan tata rias atau makeup prostetik bahkan dia harus menghabiskan waktu hingga tujuh jam agar hasilnya maksimal.

Tata rias prostetik merupakan tata rias khusus yang menggunakan tambahan materi sehingga membuat efek tata rias ini jadi nyata.

Dalam film "Habibie & Ainun 3", Reza terlihat sangat mirip dengan Habibie mulai dari bentuk hidung, mata yang bulat hingga kerutan pada wajah dan tangan.

Menurut Reza proses pengerjaannya tidaklah sebentar, bahkan dia selalu datang lebih awal untuk bisa dirias terlebih dahulu.

"Karena makeup kayak gitu harus tujuh jam. Jadi saat lokasi masih sepi, saya sudah datang, ketika teman-teman belum datang, saya sudah datang duluan di lokasi karena saya persiapan makeup dari jam setengah lima pagi," kata Reza saat berbincang di pemutaran perdana film "Habibie & Ainun 3" di Jakarta, Jumat (13/12).

Baca juga: Persembahan spesial, "Habibie & Ainun 3" dibuatkan poster raksasa

Penggunaan tata rias prostetik ini merupakan permintaan dari Reza sendiri kepada Manoj Punjabi, produser "Habibie & Ainun 3". Dia kemudian mengajukan nama Orlando Bassi yang sudah pernah bekerja sama dengannya dalam film "My Stupid Boss".

"Kita tes makeup, pak Manoj suka. Saya bilang 'Please pak, ini harus dikerjakan lebih serius dibanding yang pertama sampai rambut-rambutnya. Ada adegan enggak sengaja kopiahnya terbuka, itu memang hold total sampai jari tangan semuanya. Benar-benar makeup-nya gokil banget," jelas pemain "Twivotiare" itu.

Reza juga mengaku dia turun menyumbangkan ide untuk trilogi terakhir dari "Habibie & Ainun". Sebab Reza ingin film kali ini memberikan kesan yang mendalam baik bagi para pemain, kru dan penonton.

"Saya bersyukur banget bisa cukup puas dengan makeupnya karena saya lumayan agak kritis. Jadi buat saya, senang banget bisa terlibat dengan produksi yang mau mengeksekusi ini dengan lebih ada eskalasinya, meningkat," kata Reza.

Baca juga: Reza Rahadian paksa keterlibatan Raihaanun dalam "Twivortiare"

Baca juga: Reza Rahadian antar Habibie ke peristirahatan terakhir

Baca juga: Doa Reza Rahadian atas wafatnya BJ Habibie

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2019