Munas ke XXI PMI akan dibuka Wapres RI KH Ma'ruf Amin

id PMI

Munas ke XXI PMI akan dibuka Wapres RI KH Ma'ruf Amin

Logo Palang Merah Indonesia (PMI). (Antara/Dok/PMI)

DKI Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin (KMA) direncanakan menghadiri Musyawarah Nasional Palang Merah Indonesia (Munas PMI) ke XXI 2019 yang akan digelar di DKI Jakarta pada Senin, (16/12).

"Selain dihadiri, Munas PMI juga akan dibuka secara langsung oleh Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin," kata Ketua Penyelenggara Munas ke XXI PMI Sasongko Tedjo melalui sambungan telepon, Minggu.

Munas ini berlangsung selama tiga hari mulai 16 hingga 18 Desember 2019. Agenda utamanya adalah pemilihan Ketua Umum PMI Pusat beserta kepengurusan periode 2019 hingga 2024.

Selain itu, Ketua Umum PMI Jusuf Kalla juga akan menyampaikan laporan pertanggungjawaban periode kedua kepengurusannya yakni 2014 hingga 2019. Munas ini merupakan agenda rutin setiap lima tahun sekali untuk memilih atau menentukan Ketua Umum PMI periode berikutnya.

Menurutnya, munas juga akan membahas pokok-pokok kebijakan rencana strategis PMI 2019 hingga 2024 untuk terus melakukan kegiatan kepalangmerahan sesuai dengan amanat UU Nomor 1 Tahun 2018 tentang Kepalangmerahan serta Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan UU Kepalangmerahan.

"Munas XXI ini mengangkat tema "Kerja Bersama untuk Kemanusiaan" yang artinya PMI bekerjasama dengan pemerintah, pihak swasta dan masyarakat untuk melakukan tugas-tugas kemanusiaan," tambahnya.

Sasongko mengatakan munas merupakan forum pengambilan keputusan tertinggi organisasi PMI yang dilaksanakan setiap lima tahun rencananya akan diikuti sekitar 800 peserta yang berasal dari unsur pengurus PMI di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota.

Ia menyebutkan, munas ini pun akan dihadiri perwakilan dari International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies atau Federasi Internasional Palang Merah (IFRC) dan International Committee of the Red Cross atau Bulan Sabit Merah serta Komite Internasional Palang Merah (ICRC) serta tamu undangan lainnya.


Pewarta : Aditia Aulia Rohman
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar