Polda Jabar kaji jalur rawan macet lintas Limbangan-Malangbong

id Dirlantas, polda jabar, garut, natal, tahun baru

Polda Jabar kaji jalur rawan macet lintas Limbangan-Malangbong

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Garut AKP Asep Nugraha (kiri) menjelaskan peta jalur kepada Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Eddy Djunaedi di Limbangan, Kabupaten Garut, Senin (16/12/2019). (ANTARA/Feri Purnama)

Garut (ANTARA) - Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) mengkaji jalur yang menjadi rawan kemacetan lintas Limbangan hingga Malangbong, Kabupaten Garut sebagai persiapan pengamanan akan adanya lonjakan arus lalu lintas kendaraan pada musim libur Natal dan pergantian tahun.

"Prediksi akan ada peningkatan kendaraan maka perlu rekayasa lalu lintas," kata Dirlantas Polda Jabar, Kombes Pol Eddy Djunaedi saat meninjau jalur selatan di Limbangan, Garut, Senin.

Peninjauan jalur selatan Jabar itu dilakukan sejumlah personel dari Polda Jabar bersama jajaran Satuan Lalu Lintas Polres Garut mulai dari perbatasan Kabupaten Bandung hingga Kabupaten Tasikmalaya.

Menurut dia, ada beberapa titik yang akan menjadi hambatan arus lalu lintas kendaraan yakni kawasan Pasar Limbangan dan pertigaan jalan di wilayah itu.

"Bakal terjadi hambatan di wilayah Limbangan karena ada Pasar Limbangan, ada pertigaan," katanya.

Ia menyampaikan, jajarannya akan melakukan berbagai persiapan untuk meminimalisasi kepadatan arus kendaraan dengan memberlakukan rekayasa jalan termasuk kanalisasi jalan.

Kanalisasi jalan itu, kata dia, akan diberlakukan selama pengamanan libur Natal dan pergantian tahun di kawasan rawan kemacetan sepeerti Limbangan.

"Kanalisasi ini efektif karena sudah dicoba saat arus mudik," kata Eddy didampingi Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Garut, AKP Asep Nugraha.

Ia menambahkan, jajaran Polda Jabar termasuk Polres Garut akan disiagakan di seluruh titik kemacetan di jalan yang ramai dilalui kendaraan pada musim libur Natal dan Tahun Baru.

"Nanti akan disiagakan personel di setiap titik jalur untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru ini," kata Eddy.

Kepala Kepolisian Resor Garut, AKBP Dede Yudi Ferdiansah, menambahkan, Garut memiliki titik rawan kemacetan di antaranya jalur Kadungora, Limbangan dan Lewo.

Namun Polres Garut, kata dia, sudah siap mengantisipasi terjadinya kemacetan arus kendaraan pada musim libur Natal dan Tahun Baru dengan melakukan rekayasa termasuk memberlakukan satu arah.

"Kami dari kepolisian Dishub dan seluruh jajaran terkait siap melakukan pengamanan untuk kelancaran masa liburan Natal dan Tahun Baru," katanya.***2***

Pewarta : Feri Purnama
Editor: Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar