Kehadiran MNP ini memberi pertumbuhan positif terhadap Pelindo IV, tergambar dari trafik kapal naik dari 414 Gross Ton (GT) pada 2018 menjadi 466 juta GT pada 2019
Makassar (ANTARA) - Perampungan dan pengoperasian Makassar New Port (MNP) tahap IA telah memberikan kontribusi pertumbuhan positif bagi PT Pelindo IV (Persero) dengan meningkatnya trafik bongkar muat hingga akhir 2019.

Dirut PT Pelindo IV Makassar Farid Padang di sela Media Gathering dan peninjauan MNP di Makassar, Sabtu, mengatakan kehadiran MNP berkontribusi baik di peningkatan trafik kapal maupun jumlah petikemas. 

Baca juga: Antrean kapal menyusut 30 persen pascapengoperasian MNP

"Kehadiran MNP ini memberi pertumbuhan positif terhadap Pelindo IV, tergambar dari trafik kapal naik dari 414 Gross Ton (GT) pada 2018 menjadi 466 juta GT pada 2019," katanya.

Sementara dari petikemas naik dari 2,11 juta Teus menjadi 2,25 juta teus pada 2019. Kondisi ini ditunjang dengan pemberlakuan "Direct call" atau ekspor langsung ke luar negeri melalui Pelabuhan Makassar, tidak lagi melalui Surabaya dan Jakarta.

Sebagai gambaran, lanjut dia, apabila dalam sebulan hanya ada pengiriman 40 kontainer per bulan, maka pada 2019 naik menjadi 10.000 Teus kotainer sehingga dalam setahun mencapai 100.000 Teus.

Dari sisi waktu pengiriman, Farid mengatakan, terjadi penghematan waktu 14 hari dibandingkan sebelum penerapan "Direct Call" ke sejumlah negara tujuan di Asia seperti Hongkong, Cina, Singapura, Malaysia dan Jepang, serta sejumlah negara Eropa dan Amerika.

Baca juga: Pelindo IV optimalkan layanan bongkar muat Pelabuhan Kendari

Mengenai pembangunan MNP yang sudah dicanangkan pada 2017 oleh Presiden Joko Widodo dan ditargetkan rampung 2024, juga di dalam kawasan MNP ini akan dibangun kawasan industri yang akan memberikan nilai tambah terhadap komoditi ekspor di daerah ini.

Adapun total investasi untuk merampungkan proyek strategis nasional ini tercatat Rp89 triliun yang dibagi tiga tahap pembangunan. Sedang khusus pembangunan kawasan industri di MNP sebesar Rp68 triliun.

Baca juga: Menhub: kapasitas MNP sama Pelabuhan Surabaya

"Keberadaan kawasan industri itu nantinya tidak akan mematikan kawasan industri Makassar (KIMA) yang sudah ada, tetapi akan bersinergi dan diupayakan KIMA bukan lagi sebagai gudang penyimpangan komoditi saja tetapi lebih pada ke industri pengolahan," kata Farid.

Sebagai rangkaian dari kegiatan Media Gathering yang digelar PT Pelindo IV ini, malam ini dilaksanakan pemberian penghargaan pada media dan pelanggan yang dinilai memberikan dukungan terhadap progres pembangunan MNP maupun pertumbuhan PT Pelindo IV Makassar.
Dirut PT Pelindo IV Farid Padang disela media gathering dan peninjauan Makasar New Port, Sabtu. ANTARA Foto/Suriani Mappong



 

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2019