Bahkan untuk lokasi Posko di Megamas Manado dilengkapi dengan peralatan yang canggih, diantaranya teropong malam flir digital, alat pendeteksi bawah air 2D, peralatan penyelam patroli air merek Bonek, Tactical Breathing Aparatus, HandPump Rescue Tool
Manado (ANTARA) - Polda Sulawesi Utara (Sulut) melalui Direktorat Polairud mendirikan Pos Siaga SAR dalam rangka menjamin keamanan selama libur Natal dan Tahun Baru.

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abast, di Manado, Selasa, mengatakan telah menyiapkan Pos Siaga SAR di sejumlah lokasi berupa penempatan armada kapal milik Polairud, yang ditempatkan di beberapa wilayah perairan di Sulut.

Kurang lebih ada 10 lokasi yang menjadi Pos Siaga SAR, yaitu Mako Ditpolairud Tandurusa Bitung (KP. Prahasta), Posko Siaga SAR Kawasan Megamas Manado (Pos Aju dengan kapal KP XV 210 dan KP 216), Posko Siaga SAR Pelabuhan Samudera Bitung yang diawaki personil Sat Polairud Res Bitung.

Baca juga: Kapolda Sulut pakai Helikopter pantau pengamanan Natal

Baca juga: Kapolri dan Panglima TNI Kunjungi Sulut

Baca juga: Polres Sangihe siapkan sejumlah Pospam Natal


Kemudian ada Posko Siaga SAR Pelabuhan Munte Kabupaten Minut (Ditpolairud KP. XV. 101), Posko Siaga SAR Pelabuhan Amurang Kabupaten Minsel (Ditpolairud KP. XV. 205), Posko Siaga SAR Pelabuhan Peta Kabupaten Sangihe (Ditpolairud KP. XV. 202 ), Posko Siaga SAR Pelabuhan Tahuna yang diawaki personil Satpolairud Res Sangihe.

Juga ada Posko Siaga SAR Pelabuhan Melongouane l Kabupaten Talaud (Gabungan Ditpolairud KP. XV. 215 dan Satpolairud Res Talaud), Posko Siaga SAR Pelabuhan Labuan Oki Kabupaten Bolmong (Gabungan Ditpolairud KP. XV. 204 dan Satpolairud Res Bolmong) dan Posko Siaga SAR Pelabuhan Belang Kabupaten Minahasa Tenggara (Ditpolairud KP. XV. 102).

Posko Siaga SAR ini juga dilengkapi dengan fasilitas dan perlengkapan rescue yang memadai.

Bahkan untuk lokasi Posko di Megamas Manado dilengkapi dengan peralatan yang canggih, diantaranya teropong malam flir digital, alat pendeteksi bawah air 2D, peralatan penyelam patroli air merek Bonek, Tactical Breathing Aparatus, HandPump Rescue Tool serta Tactical Equipmen.

"Siaga SAR ini diawaki oleh 30 personel yang dibagi dalam 3 shift jaga. Tujuan didirikan Posko Siaga SAR ini untuk memantau arus mudik pulang balik yang melalui kapal, menjaga masyarakat melaksanakan liburan Natal dan Tahun Baru di sekitar pesisir pantai atau obyek wisata air,"kata Abast.

Ia mengimbau kepada pemilik angkutan dan seluruh penumpang kapal agar berhati-hati mengingat saat ini sudah memasuki musim penghujan.

"Waspada terhadap gelombang air laut dan angin, serta lengkapi fasilitas transportasi laut dengan alat-alat keselamatan,"katanya.
 

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019