Kupang (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat berharap Bupati Ende, Djafar Ahmad untuk memantau secara ketat kegiatan pembangunan infrastruktur hingga ke desa-desa agar hasilnya lebih berkualitas.

"Bupati harus rajin turun lapangan sehigga bisa melihat secara langsung keadaan pembangunan infrastrukur bagi kepentingan publik di lapangan," kata Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat ketika menerima kunjungan Bupati Ende, Djafar Ahmad di Kupang, Rabu.

Baca juga: NTT berencana pinjam Rp3 triliun dari China biayai infrastruktur jalan

Baca juga: Menhub pantau pembangunan infrastruktur di NTT

Baca juga: Presiden berpesan agar infrastruktur bendungan-PLBN dirawat


Djafar Ahmad menemui Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat untuk meminta arahan dan petunjuk Gubernur NTT berkaitan dengan pembangunan di Kabupaten Ende.

Gubernur mengatakan, pemerintah Kabupaten Ende perlu membuat sistem kontrol terhadap kinerja seluruh dinas atau badan di daerah itu.

"Salah satunya harus rajin turun ke lapangan. Bupati harus secara berkala memantau secara detail setiap pekerjaan di lapangan agar kegiatan pembangunan memiliki manfaat bagi kesejahteraan masyarakat," tegasnya.

Mantan anggota DPR RI dari fraksi Partai NasDem juga meminta Pemerintah Kabupaten Ende untuk fokus dalam pembangunan sektor Pertanian serta Peternakan yang mampu meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat.

"Sebagai Gubernur saya sudah perintahkan kepada Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan untuk memanfaatkan setiap batang padi dan jagung yang telah selesai dipanen. Kalau dulu batang padi dan jagung apabila setelah dipanen langsung dibakar, maka saat ini saya sudah perintahkan untuk dijadikan pakan ternak. Tinggal nanti batang tersebut difermentasi sehingga kadar gizinya tetap terjaga dengan baik. Bila perlu dicampur juga dengan daun kelor, (marungga)," kata Viktor Bungtilu Laiskodat.

Ia mengatakan, PT Flobamor sebagai perusahan daerah milik Pemerintah NTT akan membeli langsung batang padi dan jagung tersebut dari para petani, untuk diolah menjadi pakan ternak.

Viktor Bungtilu Laiskodat berharap Bupati Ende, Djafar Ahmad yang juga merupakan mantan wakil bupati Ende untuk memiliki ide-ide brilian yang dapat dipakai sebagai tolak ukur dalam menyejahterakan masyarakat daerah itu.

Sementara itu Bupati Ende, Djafar Ahmad menuturkan bahwa pertemuannya dengan gubernur bersamaan dengan satu tahun masa kepemimpinannya di Kabupaten Ende.

Djafar menuturkan bahwa progres pembangunan di Kabupaten Ende semakin meningkat baik ekonomi mikro, pariwisata maupun sektor kesehatan yang berkaitan dengan kesehatan ibu dan balita.

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2020