Jakarta (ANTARA) - BMW Group Indonesia menutup tahun 2019 dengan penjualan sebanyak 3.675 unit mobil (BMW dan MINI), meraih pertumbuhan 11 persen dibanding 2018.

Melalui keterangan tertulisnya pada Rabu, BMW Group Indonesia mengumumkan bahwa total transaksi 3.675 unit terdiri dari 2.943 BMW dan 732 MINI, termasuk Certified Used Car dari dua jenama tersebut.

Baca juga: The New X1 meluncur di akhir tahun, ini alasan BMW

Pertumbuhan penjualan 11 persen tersebut membuat BMW Group Indonesia antusias menatap potensi pasar otomotif segmen premium pada tahun ini.

"BMW Group Indonesia mengalami pertumbuhan sekali lagi pada tahun 2019. Ini berarti bahwa BMW Indonesia telah memilih strategi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya meskipun ada sejumlah halangan," kata Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia.

Ramesh menyatakan bahwa pertumbuhan itu diraih di tengah situasi pasar yang tidak pasti karena bertepatan dengan tahun politik pada 2019. Namun hal itu bisa diantisipasi berkat strategi peluncuran yang jitu antara lain BMW X5, BMW X7, New BMW X3 sDrive20i dan New BMW X1 sDrive18i xLine.

Baca juga: BMW 330i Sport, mobil rakitan Indonesia di bawah Rp1 miliar

Ia menambahkan, hasil itu juga diraih berkat peluncuran serangkaian model MINI edisi khusus, seperti MINI Ice Blue Edition dan MINI 60th Years Edition.

Ia menjelaskan, untuk merek MINI sendiri mengalami pertumbuhan penjualan 34,6 persen dibanding 2018.

“Terlepas dari berbagai tantangan di Indonesia, BMW Group Indonesia memiliki target untuk terus perkuat posisinya di Indonesia dan menjadikan tahun 2020 sebagai tahun yang penuh kesuksesan," kata dia.

Global

Secara global, BMW Group melaporkan rekor penjualan kesembilan berturut-turut pada 2019, dengan total penjualan 2.520.307 unit BMW, MINI dan Rolls-Royce di seluruh dunia.

Jumlah itu naik 1,2 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Merek BMW, Rolls-Royce, dan BMW Motorrad juga berhasil membukukan rekor penjualan tertinggi sepanjang masa pada tahun 2019.

Penjualan kendaraan listrik BMW dan MINI juga meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Pada akhir 2019, terdapat 500.000 kendaraan listrik dari BMW Group digunakan di seluruh dunia.

Baca juga: BMW i6 siap tantang Audi E-Tron GT Dan Porsche Taycan

Baca juga: Luhut undang BMW buka pabrik mobil listrik di Indonesia
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2020