Saat ini kendala tersebut sedang dalam perbaikan oleh para petugas terkait
Jakarta (ANTARA) - Perjalanan calon penumpang kereta rel listrik (KRL) terganggu karena adanya gangguan aliran listrik di lintasan Cikini-Manggarai, Jakarta, Kamis.

Seorang pekerja swasta Rizki, asal Bogor, Jawa Barat, saat ditemui di Stasiun Cawang, Jakarta Timur, Kamis, mengaku terganggu perjalanannya karena adanya gangguan tersebut.

Baca juga: Perjalanan KRL di Stasiun Manggarai tertahan akibat perbaikan listrik

Ia berharap gangguan ditangani secara cepat, karena dirinya harus menempuh jarak lumayan jauh ke Bogor.

“Rumah di Bogor, sehari-hari naik KRL. Kalau lihat tahun lalu, gangguan aliran listrik di Tebet lama sih ya. Saya sudah 15 menit nunggu di sini,” kata Rizki.

Ia mengatakan meskipun ada alternatif lain, seperti bus dan kendaraan “omprengan”, hal itu dirasa berat karena sepeda motornya diparkir di Stasiun Bogor.

“Tambah biaya juga karena saya harus ongkos lagi, belum lagi dari Stasiun Bogor ke Terminal Baranangsiangnya,” katanya.

Namun, Ia masih akan menunggu hingga sore hari dan berharap gangguan segera diperbaiki oleh PT Kereta Commuter Indonesia.

Calon penumpang lainnya, Suparni juga sempat kembali lagi keluar gate setelah menempelkan (tap) kartu masuk.

“Saya mau ke Jatinegara enggak bisa karena listriknya di Manggarai gangguan katanya, kereta ini ‘kan jalannya pakai listrik,” katanya.

Akhirnya, ia memutuskan untuk menggunakan moda alternatif lain, yakni mikrolet karena petugas stasiun belum bisa memastikan sampai kapan gangguan tersebut akan berlangsung.

“Naik mikrolet saja. Takutnya kejadian kenapa-kenapa (jadi lama),” katanya.

Langkah yang sama dilakukan siswa SMA Kelas XII, Nanda yang tengah memesan taksi daring untuk pergi menemui orang tuanya di Rawajati.

“Saya dari Depok sekolah di SMA 37, tiap hari naik KRL karena ada gangguan, jadi mau ke orang tua di Rawajati pesan Gocar. Enggak bisa pulang, mana mau les lagi, katanya.

Saat dikonfirmasi, pihak KCI membenarkan adanya gangguan listrik aliran atas (LAA) di Stasiun Manggarai sejak pukul 13.53 WIB.

“Saat ini kendala tersebut sedang dalam perbaikan oleh para petugas terkait,” kata Vice President Corporate Communication KCI Anne Purba.

Hingga saat ini, perjalanan KRL yang melintasi Stasiun Manggarai sementara tertahan menunggu proses perbaikan yang sedang berlangsung.

KCI mengimbau seluruh pengguna jasa untuk tetap mengutamakan keamanan dan keselamatan selama berada di stasiun maupun di dalam KRL dengan mengikuti arahan petugas di lapangan.

Informasi terkini seputar perjalanan KRL dapat diakses melalui twitter @commuterline, instagram@commuterline, dan call center 021-121.

Baca juga: Perjalanan KRL terganggu akibat banjir
Baca juga: Khusus malam tahun baru, KRL beroperasi hingga pukul tiga pagi


Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020