Surabaya (ANTARA) - Mantan Kapolda Jatim Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin berpeluang mendapatkan rekomendasi sebagai bakal calon wali kota Surabaya dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk maju pada Pilkada 2020.

Ketua DPD PKS Surabaya Akhmad Suyanto, di Surabaya, Senin, mengatakan pada prinsipnya PKS siap membangun sinergi dengan partai atau bakal cawali Surabaya manapun untuk menghadapi Pilkada Surabaya yang digelar pada 23 September 2020.

Baca juga: NasDem siap rekomendasikan Machfud Arifin bakal cawali Surabaya

"Semua masih cair dan dinamis. Kita siap bersinergi dengan partai dan cawali manapun," katanya.

Meski demikian, lanjut dia, PKS memiliki lima bakal cawali Surabaya hasil penjaringan internal yang akan ditawarkan kepada partai koalisi di Pilkada Surabaya.

Baca juga: PKB rekomendasikan Machfud Arifin sebagai bakal cawali Surabaya

Mereka adalah Sigit Sosiantomo (anggota DPR RI), Ahmad Jabir (Ketua MPW PKS Jatim), Akhmad Suyanto (Ketua Umum DPD PKS Kota Surabaya sekaligus anggota DPRD empat periode), Reni Astuti (Wakil Ketua DPRD Surabaya), dan Achmad Zakaria (anggota DPRD Surabaya periode 2014-2019 sekaligus Ketua Bidang Kepemudaan DPW PKS Jatim).

Ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan pada saat menghadiri Rakorda DPD PKS Surabaya di Asrama Haji Surabaya, Minggu (19/1) mengatakan PKS cukup terbuka bisa mengusung cawali dari luar kader PKS, salah satunya Machfud Arifin.

Baca juga: Ribuan warga Tionghoa dukung Machfud Arifin jadi cawali Surabaya

"Dengan Pak Jenderal (Machfud Arifin) kita terbuka turut mengusung jika dinamika politiknya memungkinkan. Ini tugas teman di Surabaya (DPD PKS Surabaya) mengusulkan," katanya.

Menurut dia, pihaknya meminta pengurus DPD PKS Surabaya menjaga komunikasi sampai akhirnya bisa mengusulkan dua bakal calon di Pilkada Surabaya 2020.

"Kapan siapnya apa bulan depan atau Maret. Kalau lebih cepat lebih baik," katanya.

Diketahui PAN sebelumnya juga mengeluarkan surat rekomendasi dukungan kepada Machfud Arifin sebagai bakal Calon Wali Kota Surabaya dalam Pilkada Surabaya 2020 pada Kamis (6/1) disusul kemudian oleh PKB pada Minggu (19/1).

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020