Kunjungan tersebut hanya sebatas di pekarangan dan pelataran kelenteng saja
Padang (ANTARA) - Atraksi barongsai dan naga memeriahkan perayaan Tahun Baru Imlek 2571 di Kelenteng See Hin Kiong, Kota Padang, Sumatera Barat.

Seksi Budaya Humas Kelenteng See Hin Kiong Padang Lie Fuk Thong di Padang, Sabtu, mengatakan atraksi tersebut sudah dimulai sejak Jumat (24/1) , pukul 20.00 WIB sampai selesai.

Atraksi barongsai diadakan di depan Kelenteng Seen Hin Kiong di Gang Hok Tek, Jalan Kelenteng, Kampung Cina, Kelurahan Kampung Pondok, Padang, Sumatera Barat.

Selain atraksi barongsai, Kelenteng Seen Hin Kiong juga dihiasi lampu lampion, lilin, dupa, dan beragam hiasan lainnya yang didominasi warna merah dan kuning.

Atraksi tersebut diadakan oleh beberapa perkumpulan komunitas keturunan Tionghoa di Padang.

"Ribuan masyarakat terlihat antusias menyaksikan atraksi tersebut," kata dia.

Baca juga: Ganjar main barongsai saat perayaan Imlek

Pengunjung kelenteng tidak hanya berasal dari Kota Padang, namun juga dari luar kota.

Mereka bukan hanya warga keturunan Tionghoa, namun juga orang Muslim yang sekadar menyaksikan perayaan Imlek dan berfoto di depan kelenteng itu.

"Kunjungan tersebut hanya sebatas di pekarangan dan pelataran kelenteng saja," kata dia.

Hal itu mengingat bagian dalam kelenteng merupakan tempat sembahyang bagi masyarakat Tionghoa, sehingga yang masuk khusus untuk mereka yang hendak beribadah.

"Setelah perayaan Tahun Baru Imlek, pada 4 Februari 2020 akan diadakan kegiatan arak-arakan kio dari perkumpulan marga Lie," kata dia.

Pada hari ke-15 juga akan diadakan Cap Go Meh yang merupakan agenda tahunan komunitas keturunan Tionghoa di Padang dan biasanya dirayakan dengan bermacam-macam pawai, termasuk barongsai.

Baca juga: Atraksi dua barongsai hibur masyarakat pada malam Imlek
Baca juga: Atraksi Barongsai warnai liburan Imlek di Ancol

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020