Manado (ANTARA) - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mempercayai langkah-langkah penanganan penyebaran Virus Corona yang dilakukan oleh pemerintah China.

"Saya bagaimanapun juga percaya sama China. Kalau memang ndak boleh keluar (warga Indonesia di China), ndak boleh keluar," ujar Menteri Kesehatan di Manado, Senin, saat dimintai komentar soal Virus Corona.

Pemerintah China, sebut dia, juga bertanggung jawab untuk tidak menyebarkan sesuatu, termasuk Virus Corona, ke Indonesia.

Menurut Menks, apa yang dilakukan pemerintah China (belum mengizinkan pulang warga Indonesia) harus dihargai sebagai sebuah upaya ketahanan kesehatan dunia.

"Ketahanan kesehatan nasional masing-masing saling dijaga supaya kesehatan dunia terjadi. Mereka pasti menyatakan tidak akan mengizinkan kalau membawa wabah baru ke negara lain," katanya.

Baca juga: Indonesia tunggu aba-aba China untuk evakuasi WNI di daerah karantina

Menteri Kesehatan hanya berharap bersabar dan berdoa sampai pemerintah China menyatakan warga Indonesia yang ada di negara itu bisa kembali ke Tanah Air dengan "bersih" dari penyakit.

Baca juga: Netizen diminta tidak melucu soal korban virus corona

"Itu yang paling penting (menyatakan bersih). Bila tidak, mereka bertangung jawab berani mengirimkan orang-orang yang belum bersih," ujarnya.

Baca juga: RSUD Soetomo rawat WN China di ruang khusus

Menkes juga berharap media di Indonesia ikut menolong meredakan sehingga suasana di negara ini nyaman, tidak ada hal dirisaukan, karena yang harus risau adalah Kemenkes dan jajarannya.

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2020