RSUD Tarakan pulangkan pasien yang negatif virus corona

id corona tarakan

RSUD Tarakan pulangkan pasien yang negatif virus corona

Direktur Utama RSUD Tarakan, Hasbi Hasyim (tengah) saat memberikan keterangan pers terkait pasien yang dicurigai terinfeksi virus Corona di Tarakan, Selasa (28/01/2020). ANTARA/Susylo Asmalyah

Tarakan (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan memulangkan seorang pasien laki-laki yang semula diduga terinfeksi virus corona pada Senin malam (27/01).

"Berdasarkan hasil rapat dengan komite medis, pelayanan, dokter spesialis paru, patologi dan laboratorium, hasilnya tidak memenuhi kriteria virus corona," kata Direktur Utama RSUD Tarakan, Hasbi Hasyim di Tarakan, Selasa.

Pasien yang memiliki riwayat berangkat dari Liaoning, China, selanjutnya dipulangkan untuk rawat jalan dalam pengawasan.

"Diobservasi, kemudian diberi obat batuk dan pilek. Kesimpulannya dalam pengawasan, sesuai dengan Kemenkes 14 hari setelah tiba di Indonesia secara terbatas," kata Hasbi.

Baca juga: KKP Tarakan pemeriksaan penumpang dari Tawau di atas pesawat

Baca juga: Penumpang internasional diwajibkan isi Kartu Kewaspadaan Kesehatan

Baca juga: Petugas KKP Tarakan dilengkapi alat pelindung cegah virus corona


Sebelumnya pasien berangkat dari Liaoning, China, dan tiba di Indonesia melalui Bandara Soekarno Hatta Tangerang pada tanggal 20 Januari 2020 selanjutnya ke Tarakan pada 21 Januari.

"Pasien ini mahasiswa kedokteran dan membekali diri dengan termometer dan saat dia mengukur sendiri 37 derajat Celcius, normal suhu tubuhnya," kata Hasyim.

Kemudian pada tanggal 24 Januari, pasien merasa pilek, pada tanggal 25 Januari dibawa ke rumah sakit, saat masuk Instalasi Gawat Darurat (IGD) suhu tubuhnya 36,8 derajat Celcius dan diperiksa tangkal paru-parunya 98 persen.

"Tanda-tanda secara klinis virus corona tidak ada, tetapi harus tetap waspada," katanya.

Kasus ini, sebelumnya membuat heboh karena ramai dibicarakan di media sosial dugaan pasien terinfeksi virus corona di Tarakan.*

Baca juga: Kaltara harus waspada empat korban Virus Corona Malaysia

Baca juga: Delapan pasien RSUP Sanglah Denpasar negatif virus corona

Baca juga: Petugas Bandara Hanandjoeddin gunakan masker cegah tertular corona

Pewarta : Susylo Asmalyah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar