PKB ajak tingkatkan kewaspadaan Virus Corona

id Pkb, corona,virus corona

PKB ajak tingkatkan kewaspadaan Virus Corona

Diskusi Reboan bertajuk "Bersatu Menghadapi Endemik Virus Corona" di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Rabu (29/1/2020). (PKB)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengajak kewaspadaan semua pihak mengantisipasi ancaman Virus Corona yang dapat memicu serangan pernapasan akut.

"Waspada harus ada dari semua pihak, baik pemerintah, masyarakat juga instansi, seperti Kemenkes, Imigrasi, lalu lintas perpindahan manusia, patut dilakukan kewaspadaan tingkat tinggi," kata Cak Imin, panggilan akrab Muahimin, dalam Diskusi Reboan bertajuk "Bersatu Menghadapi Endemik Virus Corona" di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Rabu.

Dalam siaran persnya, dia mengatakan perlunya kewaspadaan dari semua pihak, termasuk Kementerian Perhubungan dan masyarakat luas.

Dia mengatakan beberapa negara bahkan telah membuat kebijakan untuk menutup diri dan menghentikan pintu lalu lintas migrasi.

"Indonesia tak menutup kemungkinan itu ataupun membuat pintu monitor dan antisipasi sehingga imigrasi diawasi dengan ketat. Sebagaimana kita juga diawasi ketat ketika masuk negara lain sebagai langkah antisipasi," katanya.

Baca juga: Melancong di tengah virus corona? Waspadai hal ini

Dia mengatakan ada sejumlah langkah yang perlu ditekankan dalam mencegah penyebaran virus corona.

Baca juga: Tak perlu khawatir, WHO sarankan masyarakat Indonesia waspadai corona

Hal yang dapat dilakukan, kata dia, di antaranya Kemenkes dan lembaga lain terkait harus secepatnya memberikan informasi secara detail dan seluas-luasnya kepada masyarakat mengenai langkah pencegahan dan sebagainya.

Baca juga: Menkes: Waspadai riwayat perjalanan saat menduga gejala virus corona

"Makanya, saya instruksikan kader PKB seluruhnya untuk bantu membagi desiminasikan info secara cepat dan tepat," kata dia.

Pewarta : Anom Prihantoro
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar