Hari ini kami juga mengirimkan dua unit toilet portabel yang akan disiagakan di lokasi banjir bandang, sehingga diharapkan dapat bermanfaat dan digunakan secara maksimal oleh warga yang terdampak bencana banjir yang disertai lumpur tersebut
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Tim Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jember mendistribusikan air bersih kepada korban banjir bandang di dua desa di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

"Kami distribusikan air bersih dengan menggunakan dua truk tangki PMI dengan kapasitas masing-masing truk sebanyak 5.000 liter yang dilakukan selama tujuh hari ke depan," kata Ketua PMI Jember E.A. Zaenal Marzuki di Jember, Jumat.

Dia menjelaskan korban banjir bandang di Bondowoso membutuhkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari karena sumber air bersih warga masih belum digunakan akibat material lumpur yang terbawa banjir.

"Distribusi air bersih akan dilakukan secara bergantian di beberapa titik rumah warga korban banjir bandang yang membutuhkan dan tentunya kami juga akan berkoordinasi dengan PMI dan BPBD Bondowoso," tuturnya.

Baca juga: Gubernur Jatim cek penanganan banjir bandang Bondowoso

PMI Jember juga membagikan 30 paket sembako kepada korban banjir bandang di Desa Sempol dan Desa Kalisat, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso.

"Hari ini kami juga mengirimkan dua unit toilet portabel yang akan disiagakan di lokasi banjir bandang, sehingga diharapkan dapat bermanfaat dan digunakan secara maksimal oleh warga yang terdampak bencana banjir yang disertai lumpur tersebut," katanya.

PMI Jember juga sudah mengirimkan 10 personel yang meliputi tim assesment dua personel dengan kendaraan trail, tiga personel di tim wash dengan truk tangki distribusi air bersih, dan lima personel lainnya terlibat di posko induk untuk membantu PMI Bondowoso.

Berdasarkan data sementara BPBD Jatim, warga yang terdampak banjir bandang di Desa Kalisat 2.028 jiwa dan Desa Sempol 1.996 jiwa, dengan rumah yang terdampak banjir disertai lumpur sekitar 200 unit, namun tidak ada korban jiwa dalam banjir bandang tersebut, serta empat warga luka-luka.

Baca juga: Perhutani observasi penyebab banjir Bondowoso
Baca juga: Banjir bandang landa kawasan Gunung Ijen Bondowoso

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020