Melalui aplikasi ini wisatawan bisa menjelajah Tanah Datar hanya dalam genggaman...
Batusangkar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, meluncurkan aplikasi Pesona Tanah Data untuk meningkatkan pelayanan dan pengembangan pariwisata di wilayah itu.

"Aplikasi ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada wisatawan tentang pariwisata yang ada di Tanah Datar," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Tanah Datar Abdul Hakim di Batu Sangkar, Sumatera Barat, Minggu.

Ia mengatakan aplikasi tersebut merupakan upaya pemerintah kabupaten (pemkab) dalam meningkatkan pelayanan kepada wisatawan maupun pengelola usaha pariwisata.

Aplikasi tersebut bisa diunduh melalui Play Store berbasis android dan diharapkan menjadi referensi bagi wisatawan yang akan berkunjung.

Baca juga: Dongkrak pariwisata, Tanah Datar siapkan pemandu wisata hingga nagari

Kabid Pariwisata Tanah Datar Efrison mengharapkan aplikasi tersebut memudahkan wisatawan yang akan berkunjung ke Tanah Datar dan berdampak pada peningkatan kunjungan.

Dalam aplikasi tersebut ada banyak menu pilihan layanan terkait pariwisata di Tanah Datar, antara lain mengenai tempat makan, informasi tempat wisata baik alam, budaya, dan religi, serta tempat penginapan,  oleh-oleh, dan fasilitas umum.

Selain itu  dalam aplikasi tersebut juga menampilkan petunjuk lokasi yang hendak dituju wisatawan.

"Melalui aplikasi ini wisatawan bisa menjelajah Tanah Datar hanya dalam genggaman melalui telepon pintar," ujarnya.

Baca juga: Khawatir Virus Corona, kunjungan turis China ke Tanah Datar dibatalkan
 

Pewarta: Syahrul Rahmat
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020