Senator AS bawa aktivis Uighur saksikan pidato kenegaraan Trump

id Muslim Uighur,China,Amerika Serikat,pidato kenegaraan Trump,State of the Union

Senator AS bawa aktivis Uighur saksikan pidato kenegaraan Trump

Warga berunjuk rasa mengecam tindak kekerasan dan intimidasi terhadap warga muslim Uighur di Alun-alun Serang, Banten, Minggu (23/12/2019). ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/ama. (ANTARA FOTO/ASEP FATHULRAHMAN)

Washington (ANTARA) - Senator AS dari Partai Republik, Marco Rubio, mengatakan, Senin (3/2), ia akan membawa aktivis hak minoritas Muslim Uighur China, Rushan Abbas, sebagai tamunya untuk menyaksikan pidato kenegaraan Presiden Donald Trump pada Selasa.

Dewan Perwakilan Rakyat tahun lalu dengan suara bulat mengesahkan rancangan undang-undang, yang meminta agar tindakan lebih keras diambil atas perlakuan China terhadap warga Muslim Uighur.

Rancangan UU itu mendapat dukungan dari dua partai di Senat, tapi fraksi Republik sejauh ini belum menjadwalkan pemungutan suara atas RUU itu di Senat.

Para anggota Kongres sering mengundang tamu-tamu untuk menghadiri penyampaian pidato State of the Union itu, yang disiarkan televisi secara nasional, sebagai upaya untuk menggiring perhatian pada sikap politik.

China bulan lalu, saat merundingkan perjanjian dagang dengan AS, memperingatkan bahwa undang-undang soal Uighur bisa berdampak pada kerja sama bilateral.

Sumber: Reuters

Baca juga: Ratusan muslim gelar aksi solidaritas Sumbar Peduli Muslim Uighur

Baca juga: Lewat komik, komikus Jepang tampilkan penderitaan perempuan Uighur

Pewarta : Tia Mutiasari
Editor: Fardah Assegaf
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar