Bilamana ada program dari pemerintah, kami minta masyarakat juga selalu aktif dalam berkontribusi. Berikan sumbangan berupa pikiran yang membangun serta berperan aktif di semua bidang pembangunan untuk kemajuan Kabupaten Landak
Pontianak (ANTARA) - Bupati Landak dr. Karolin Margret Natasa meminta semua kepala desa di daerah itu mempelajari dengan baik manajemen pengelolaan keuangan desa agar mampu mengoptimalkan penggunaan Dana Desa.

"Untuk memaksimalkan penyelenggaraan tata kelola pemerintahan desa, saya memberikan instruksi kepada seluruh kepala desa agar bisa memanajemen dengan baik keuangan desa, untuk memaksimalkan pengunaan Dana Desa yang didapat," kata dia di Ngabang, Selasa.

Ia menjelaskan seorang kepala desa harus memiliki kemampuan manajemen secara baik, menyampaikan laporan keuangan secara tepat waktu, dan transparan dalam pengelolaan keuangan desa.

"Dan ini bukan hanya untuk kepala Desa Bilayuk tapi semua kepala desa di Kabupaten Landak," katanya.

Hal itu, katanya, perlu ditegaskan mengingat dana yang disalurkan untuk desa pada 2020 cukup besar sehingga kades harus memiliki kemampuan, ketepatan, ketelitian, serta membutuhkan suatu pertimbangan dalam berbagai aspek sosial kemasyarakatan dalam menentukan arah kebijakan pembangunan serta pemberdayaan masyarakat desa.

Baca juga: Rata-rata dana desa di Papua Barat sebesar Rp900 juta

Karolin juga mengimbau kepala desa senantiasa memberikan pelayanan yang baik kepada seluruh masyarakat, dengan tanpa adanya diskriminasi.

"Tentunya dalam bertugas, kepala desa tidak sendirian karena ada aparat desa yang dapat membantu. Jalinlah hubungan yang baik dengan mereka (aparat desa, red.) juga masyarakat. Berikan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya," katanya.

Selain itu, Karolin juga berpesan kepada masyarakat supaya senantiasa berperan aktif dalam program pemerintahan desa sesuai dengan ketentuan.

"Bilamana ada program dari pemerintah, kami minta masyarakat juga selalu aktif dalam berkontribusi. Berikan sumbangan berupa pikiran yang membangun serta berperan aktif di semua bidang pembangunan untuk kemajuan Kabupaten Landak," katanya.

Salah satu warga Desa Bilayuk yang dimintai keterangan terkait dengan kepala desa yang baru, Yohanes, berharap kades melayani masyarakat dengan program kerja yang bagus.

"Secara umum kami melihat kades yang baru sudah cukup bagus, selain itu kami juga berharap kepada beliau kiranya dapat melayani masyarakat dengan baik. Kemudian memberikan program-program kerja yang bermanfaat bagi warga. Dengan demikian apa yang menjadi impian kita bersama dapat terlaksana dengan baik," katanya.

Baca juga: Pemkab Madiun menjadi pemda terbaik dalam penyaluran dana desa
Baca juga: Mendes : Dana desa tidak lagi mengendap di kabupaten
Baca juga: KPPN Yogyakarta salurkan dana desa tahap pertama Rp42 miliar

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020