Sebenarnya saya waktu SMP jelang SMA saya mau jadi wartawan
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Selasa (4/2) kemarin, mulai dari cerita ekonom senior serta calon Direktur Pelaksana Bank Dunia Mari Elka seputar ekonomi dan pernah memiliki keinginan menjadi wartawan hingga Menteri BUMN Erick Thohir menunjuk penangkap teroris Imam Samudra jadi Deputi BUMN.

1. Mari Pangestu sebut ekonomi Indonesia "resilient", ini alasannya

Ekonom senior yang segera menapaki karir baru sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia Mari Elka Pangestu saat diminta untuk menyebut satu kata tentang ekonomi Indonesia memilih kata resilient atau berdaya tahan.

Mari Elka Pangestu saat kunjungan ke Redaksi Kantor Berita Antara di Jakarta, Selasa, mengatakan kata resilient tersebut paling pas untuk menggambarkan ekonomi Indonesia secara keseluruhan.

“Indonesia ini sudah kena krisis terkecuali ‘98 karena itu krisis ekonomi, politik dan krisis finansial kita anjlok (tumbuh) minus 13 persen, tapi kita kembalinya itu dalam beberapa tahun, kembali lagi,” kata mantan Menteri Perdagangan itu.

Baca selengkapnya di sini

2. Cerita Mari Pangestu pernah ingin jadi wartawan

Ekonom senior Mari Elka Pangestu mengaku pernah ingin dan bercita-cita menjadi wartawan bahkan sempat aktif berkegiatan di ekstrakurikuler majalah sekolah dan menjabat sebagai redaktur pelaksana di majalah tersebut.

“Sebenarnya saya waktu SMP jelang SMA saya mau jadi wartawan. Karena saya suka menulis dan tentu aktif di koran sekolah,” kata mantan Menteri Perdagangan itu dalam kunjungannya ke Redaksi Kantor Berita Antara Jakarta, Selasa.

Baca selengkapnya di sini

3. Kementan siapkan alternatif impor bawang putih selain dari China Kementerian Pertanian menyiapkan negara alternatif untuk impor bawang putih selain China, mengingat pemerintah tengah memperketat pengawasan terhadap komoditas pangan yang masuk ke Indonesia sebagai antisipasi penyebaran virus corona baru dari negara tersebut.

"Ada tempat lain yang memproduksi bawang putih seperti India, Mesir, dari Iran itu juga menghasilkan bawang putih," kata Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian Prihasto Setyanto saat ditemui di Kantor Pusat Kementerian Pertanian Jakarta, Selasa.

Baca selengkapnya di sini

4. Harga emas kembali turun 5,5 dolar, tertekan penguatan greenback Harga emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange lebih rendah pada akhir perdagangan Senin (Selasa pagi WIB), karena logam mulia tertekan oleh dolar AS yang lebih kuat.

Kontrak harga emas paling aktif untuk pengiriman April turun 5,5 dolar AS atau 0,35 persen, menjadi menetap di 1.582,4 dolar AS per ounce. Harga emas berjangka juga melemah 1,30 dolar atau 0,08 persen menjadi 1.587,90 dolar AS per ounce pada akhir pekan lalu. Kurs dolar AS menguat terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya karena para pelaku pasar mencerna beberapa data ekonomi positif.

Baca selengkapnya di sini

 

5. Erick Thohir tunjuk penangkap teroris Imam Samudra jadi Deputi BUMN Menteri BUMN Erick Thohir menunjuk polisi penangkap teroris Imam Samudra dan profesional dari konsultan Ernst and Young sebagai deputi Kementerian BUMN.

"Ada empat orang yang dilantik pejabat madya. Bapak Carlo Brix Tewu, dari Kementerian Politik, Hukum dan Keamanan. Tugas beliau mengidentifikasi BUMN yang berselisih dengan sesama BUMN," ujar Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga di Jakarta, Selasa.

Baca selengkapnya di sini

Baca juga: Kekuatan Indonesia ada di pariwisata dan ekonomi kreatif, kata ekonom
Baca juga: Erick Thohir tunjuk penangkap teroris Imam Samudra jadi Deputi BUMN
Baca juga: 100 persen cinta NKRI ala Mari Pangestu


Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020