Google Maps rayakan 15 tahun dengan tampilan dan fitur baru

id Google,Google Maps

Google Maps rayakan 15 tahun dengan tampilan dan fitur baru

Google Maps rayakan 15 tahun dengan tampilan baru, Jumat (7/2/2020). (ANTARA/Arindra Meodia)

Jakarta (ANTARA) - Google Maps merayakan usia yang ke-15 tahun dengan merilis tampilan dan fitur baru pada aplikasi.

"Dengan lebih dari 1 miliar orang mengandalkan Google Maps untuk melihat dan menelusuri dunia, kini kami merayakan ulang tahun ke-15 dengan penampilan baru dan beberapa update berdasarkan masukan dari Anda," ujar Google dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Google juga memperbarui penampilan dengan ikon baru berbentuk pin, yang merupakan bagian penting dari Google Maps sejak awal, dan menunjukkan perluasan misi Google.

Google juga menambahkan informasi baru dalam fitur transportasi umum di aplikasi Google Maps, seperti suhu, aksesibilitas yang menjelaskan dukungan tambahan pada transportasi umum, ketersediaan gerbong atau area khusus perempuan, fasilitas keamanan dan jumlah gerbong yang tersedia.

Informasi tersebut diberikan oleh penumpang sebelumnya yang membagikan pengalaman mereka, dan akan ditampilkan bersama rute transportasi umum jika tersedia.

Untuk membantu penumpang lain, pengguna juga bisa menjawab survei singkat di dalam Google Maps tentang pengalaman dalam perjalanan baru-baru ini.

"Kami akan mulai meluncurkan fitur ini secara global pada bulan Maret. Ketersediaannya akan bervariasi menurut wilayah dan badan penyedia transportasi," ujar Google.

Dalam beberapa bulan mendatang, Google juga akan memperluas ketersediaan Live View, di Google Maps, dan menguji sejumlah kemampuan baru.

Baca juga: Huawei temukan pengganti Google Maps

Baca juga: Google Maps bisa untuk melihat planet, begini caranya


Mulai hari ini, Anda bisa mendapatkan aplikasi Google Maps versi baru untuk Android dan iOS, dengan lima tab yaitu Jelajahi, Perjalanan, Tersimpan, Kontribusi, dan Terbaru.

1. Jelajahi
Mencari tempat makan siang, hiburan, atau bermain game di sekitar Anda? Di tab Jelajahi, Anda akan menemukan informasi, rating, ulasan, dan banyak lagi tentang lebih dari 200 juta tempat di seluruh dunia, termasuk restoran, objek wisata, dan bangunan menarik terdekat.

2. Perjalanan
Apakah Anda bepergian menggunakan mobil atau transportasi umum, tab Perjalanan tersedia untuk memastikan Anda mengambil rute yang paling efisien. Atur dan simpan perjalanan harian Anda di aplikasi untuk mendapatkan info terbaru secara realtime tentang keadaan lalu lintas, lama perjalanan, dan saran rute alternatif.

3. Tersimpan
Orang-orang telah menyimpan lebih dari 6,5 miliar tempat di Google Maps—dari supermarket baru di sekitar kota sampai restoran terkenal di daerah yang akan Anda kunjungi.

Sekarang Anda bisa melihat semua tempat menarik ini dalam satu halaman yang mudah diakses. Anda pun bisa menyusun rencana perjalanan dan membagikan rekomendasi berdasarkan tempat-tempat yang pernah Anda datangi.

4. Kontribusi
Setiap tahun, ratusan juta orang mengkontribusikan informasi yang membantu Google Maps terus memperbarui data. Dengan tab Kontribusi, Anda dapat dengan mudah membagikan informasi lokal, seperti detail tentang jalan dan alamat, tempat yang belum ada, ulasan tentang suatu bisnis, dan foto.

5. Terbaru
Tab Terbaru memberi Anda informasi tentang tempat yang sedang tren dan harus dikunjungi menurut pakar dan penerbit konten lokal. Selain mencari, menyimpan, dan membagikan rekomendasi dari dan kepada jaringan Anda, Anda juga bisa langsung melakukan chat dengan bisnis untuk meminta informasi.

Baca juga: Kiat hindari keramaian di mal jelang akhir tahun ala Google

Baca juga: Tiga fitur terbaru Google Maps, apa saja?

Baca juga: Google sambungkan Translate ke Maps demi jalan-jalan


Pewarta : Arindra Meodia
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar