Surabaya (ANTARA) - Dewan Pimpinan Daerah Partai NasDem akan mendeklarasikan nama bakal calon wali kota Surabaya yang akan diusung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) setempat pada Rabu, 19 Februari 2020.

"Sudah ada namanya dari DPP dan tunggu saja Rabu depan, bakal ada kejutan saat deklarasi," ujar Ketua DPD Partai Nasdem Kota Surabaya Robert Simangunsong usai penyerahan SK Pengurus DPD oleh DPW NasDem Jatim di Kantor Bapilu DPW NasDem di Surabaya, Senin.

Pihaknya mengaku belum mengetahui siapa nama bakal calon yang mendapat rekomendasi dan menyerahkan sepenuhnya ke DPP.

"Saya sendiri belum dapat bocorannya. Katanya pusat disuruh menunggu dan penyerahan rekomendasinya sekaligus deklarasi," ucapnya.

Di DPRD Surabaya, partai besutan Surya Paloh tersebut hanya memiliki tiga kursi sehingga harus berkoalisi dengan partai politik lainnya untuk mengusung pasangan calon wali kota dan wakil wali kota.

Ia berharap seluruh kader tetap solid dan berupaya memenangkan siapapun figur yang direkomendasi oleh DPP, baik kader partai maupun bukan kader.

Di tempat sama, Sekretaris Bapilukada NasDem Surabaya Sri Hono Yularko menyampaikan terdapat 11 nama yang mendaftar untuk maju dari Partai NasDem, namun hanya tiga yang masuk nominasi.

"Pertama kader NasDem Awey, lalu Ketua Peradi Haryanto dan politikus muda Gus Hans. Nama mereka sudah dikirim ke pusat," kata politikus senior yang juga wakil ketua bidang kaderisasi dan pendidikan politik DPD NasDem Surabaya tersebut.

Kendati demikian, pihaknya membenarkan terdapat beberapa nama yang mendaftar langsung ke pusat, lalu dilakukan verifikasi serta seleksi.

"Jadi, belum tentu tiga nama di atas. Yang jelas, 11 orang pendaftar, lalu tiga orang nominasi, dan ada calon yang langsung daftar ke pusat. Untuk kepastiannya, tunggu saja lusa," katanya.

Di sisi lain, Ketua DPW NasDem Jatim Sri Sajekti Sudjunadi menyerahkan SK Kepengurusan DPD NasDem Surabaya periode 2020-2024 yang jumlahnya 35 orang pengurus.

Baca juga: PDIP Surabaya fokus garap mesin politik hadapi Pilkada 2020

Baca juga: Machfud Arifin dapat dukungan Habib Zein maju Pilkada Surabaya

Baca juga: Warga Sawahan Surabaya deklarasi dukung Eri Cahyadi maju Pilkada 2020

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020