Surabaya (ANTARA) - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya Eri Cahyadi memenuhi panggilan Badan Perencanaan Pemilu (Bappilu) terkait dengan untuk dimintai keterangan terkait adanya deklarasi warga yang mendukung dirinya sebagai bakal calon wali kota di Pilkada Surabaya 2020 pada 17 Februari 2020.

"Terkait dengan terpasangnya spanduk atau kegiatan apa. Kami sudah jelaskan ke bawaslu bahwa kami tidak pernah tau. Berkali-kali saja jelaskan saya tidak daftar ke partai manapun," kata Eri Cahyadi di Bawaslu Surabaya, Senin.

Menurut dia, sampai saat ini dirinya fokus pada pekerjaannya sebagai Kepala Bappeko di Pemkot Surabaya untuk menjalankan program-program yang berhubungan dengan kepentingan masyarakat.

"Alhamdulilah sudah saya sampaikan ke bawaslu. Setiap ada kegiatan ke depannya, kami bisa mengundang bawaslu hadir. Biar tidak multitafsir," katanya.

Baca juga: Bawaslu Surabaya klarifikasi soal pelarangan APK Bacawali Eri Cahyadi

Sementara itu, Ketua Bawaslu Surabaya Muhammad Agil Akbar mengatakan bahwa pemanggilan Eri Cahyadi selaku Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkot Surabaya untuk dimintai keterangan terkait adanya deklarasi warga yang mendukung dirinya sebagai bakal calon wali kota di Pilkada Surabaya 2020.

"Pak Eri sudah menjelaskan bahwa dirinya tidak tau menahu soal adanya deklarasi maupun selebaran profil dirinya," katanya.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya akan melakukan rapat pleno terkait keterangan yang disampaikan Eri Cahyadi tersebut.

Saat ditanya apakah akan memanggil pihak-pihak tertentu yang terlibat dengan kegiatan deklarasi mendukung Eri Cahyadi, Agil mengatakan tidak menutup kemungkinan akan memanggil pihak-pihak yang dimaksud.

Sementara itu, di sisi lain ratusan emak-emak pendukung Eri Cahyadi melakukan demonstrasi di kantor Bawaslu Surabaya.

"Relawan ini bukan sekedar kita kumpulkan? tidak, tapi ini perkampung, jadi di sini tidak ada koordinator. Cuma saya mewakili teman-teman ini di bawaslu ini, tidak terjadi hal yang diinginkan, saya menjaga teman-teman," kata perwakilan Relawan Eri Cahyadi, Rudi Cahyono.

Baca juga: Warga akui pembuat selebaran Eri Cahyadi maju Pilkada Surabaya

Baca juga: Ribuan emak-emak di Surabaya siap jadi relawan Eri-Armuji

Baca juga: Bakal Cawali Surabaya Eri Cahyadi dinilai sering turun ke lapangan

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020