Saat ini narkoba sangat meresahkan masyarakat di wilayah perbatasan RI-PNG  karena peredarannya merambah wilayah kampung-kampung dekat perbatasan serta sasarannya pun mulai dari para pelajar dan pemuda dan orang dewasa
Jayapura (ANTARA) - Prajurit Satgas Pamtas RI-Papua Nugini (PNG) Yonif Raider 509 Kostrad mengajak warga di perbatasan kedua negara, khusunya di  Kampung Monggoepi, Distrik Yaffi, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua untuk mewaspadai bahaya narkoba.

Kapendam XVII Cenderawasih Kolonel (Cpl) Eko Daryanto dalam keterangan tertulis di Jayapuran,Senin mengatakan kegiatan penyuluhan bahaya penyalahgunaan narkoba serta pengobatan gratis bagi warga perbatasan dipimpin Komandan Pos (Danpos) Letda (Inf) Sulasmono beserta lima anggota dan diikuti kurang lebih 33 orang warga Kampung Monggoepi.

"Saat ini narkoba sangat meresahkan masyarakat di wilayah perbatasan RI-PNG  karena peredarannya merambah wilayah kampung-kampung dekat perbatasan serta sasarannya pun mulai dari para pelajar dan pemuda dan orang dewasa," katanya.

Ia mengatakan,mengingat bahaya dari narkoba, maka Satgas ingin mengajak serta mengimbau masyarakat agar tidak menggunakan, mengonsumsi ataupun mengedarkan barang haram tersebut.

Dalam penyuluhan bahaya narkoba sekaligus pengobatan gratis terhadap masyarakat itu, katanya, Danpos juga menjelaskan bahwa peran masyarakat sangat penting untuk mencegah peredaran narkoba, di mana dampak dari narkoba sangat negatif dan merusak baik secara fisik maupun psikologis.

“Untuk mencegah peredaraan narkoba tersebut peran masyarakat sangat penting agar narkoba tidak menyebar secara luas di lingkungan masyarakat perbatasan,” katanya.

Ia mengajak masyarakat memerangi narkoba karena selain merusak dampak dari narkoba juga akan berurusan dengan hukum.

" Maka dari itu jangan sampai masyarakat terlibat dengan barang haram itu,” demikian Eko Daryanto.

Baca juga: Ada lagi ladang ganja di perbatasan RI-Papua Nugini

Baca juga: TNI datangi rumah warga perbatasan berikan layanan kesehatan

Baca juga: Satgas Pamtas RI-Timor Leste gelar pengobatan gratis warga perbatasan

Baca juga: Warga perbatasan RI-PNG diajak TNI manfaatkan lahan kosong

Pewarta: Muhsidin
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020