Kemarin, skenario pemulangan WNI hingga pemilik radioaktif ilegal

id banjir jakarta,radioaktif

Kemarin, skenario pemulangan WNI hingga pemilik radioaktif ilegal

Suasana sejumlah kendaraan melintasi banjir yang menggenangi kawasan Bunderan Bank Indonesia di Jakarta Pusat, Selasa (25/2/2020) pagi. Hujan deras yang mengguyur Jakarta membuat sejumlah wilayah di Ibu Kota terendam banjir. ANTARA FOTO/Winda Wahyu Fariansih/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Terdapat sejumlah berita kemarin di bidang humaniora yang masih menarik dan informatif untuk dibaca pada pagi hari ini mulai dari skenario pemulangan WNI di Kapal Diamond Princess dan World Dream, siklon tropis yang menyebabkan hujan lebat hingga terjadi banjir, pemilik zat radioaktif ilegal, dan Pulau Timor yang terserang virus African Swine Fever.

Skenario pemulangan WNI

Pemerintah telah memiliki beberapa skenario pemulangan WNI baik di Kapal Diamond Princess di Yokohama Jepang, ataupun yang berada di Kapal World Dream yang berada di perairan internasional dekat Kepulauan Bintan. Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto mengatakan pemerintah telah menyiapkan satu skenario untuk memulangkan WNI yang menjadi kru Kapal Diamond Princess yaitu dengan pesawat terbang milik Garuda Indonesia. Namun pemerintah masih sangat hati-hati dalam mengambil keputusan ini karena kapal yang berada di Yokohama Jepang tersebut telah menjadi episentrum virus Covid-19 baru di luar China. Sementara untuk evakuasi kru Kapal World Dream, pemerintah sudah menyiapkan fasilitas lengkap bekas gedung rehabilitasi penyalahguna narkotika di Pulau Sebaru Kecil Kepulauan Seribu Jakarta.

Berita pemulangan WNI di Kapal Diamond Princess bisa dibaca di sini, dan Kapal World Dream di sini.

Siklon tropis penyebab hujan lebat

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau ada dua siklon tropis, yaitu siklon tropis Esther dan Ferdinand, yang menyebabkan hujan lebat di sejumlah wilayah di Indonesia. Hujan lebat yang terus menerus sejak Senin (24/2) hingga Selasa (25/2) pagi menyebabkan banjir di sejumlah wilayah termasuk yang terparah di DKI Jakarta.

Baca berita dua siklon tropis yang berkontribusi terhadap hujan lebat di sini.

Polisi ungkap pemilik radioaktif ilegal

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono mengatakan bahwa pemilik zat radioaktif ilegal di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan, Provinsi Banten merupakan pegawai Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN). Pihak kepolisian masih mendalami penyidikan kasus pembuangan limbah radioaktif Cesium 137 di lahan kosong Perumahan Batan Indah Serpong.

Baca berita lengkapnya di sini.

Pulau Timor positif African Swine Fever

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menyatakan saat ini Pulau Timor telah terserang virus African Swine Fever (ASF) yang kemungkinan masuk dari Timor Leste. Penyakit demam yang menyerang ternak babi tersebut dilaporkan telah menewaskan ratusan ekor ternak babi di NTT.

Baca beritanya di sini.
 

Pewarta : Aditya Ramadhan
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar