20 Hektare lahan milik warga terbakar di Nagan Raya Aceh

id Karhutla,Karhutla Nagan Raya,kebakaran lahan di Nagan Raya,kebakaran hutan di nagan raya,kebakaran di nagan raya

20 Hektare lahan milik warga terbakar di Nagan Raya Aceh

Prajurit TNI dari Kodim 0106 Nagan Raya bersama petugas BPBD berusaha memadamkan api yang membakar lahan di kawasan Desa Babah Lueng, Kecamatan Tripa Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, Senin (9/3/2020). (ANTARA/HO)

Suka Makmue (ANTARA) - Sekitar 20 hektare lahan gambut milik warga di Desa Babah Lueng, Kecamatan Tripa Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, Senin (9/3) terbakar.

Ratusan personel gabungan TNI, Polri, BPBD, Dinas Sosial dan warga dikerahkan ke lokasi untuk berusaha memadamkan api.

Kebakaran lahan yang terjadi pada beberapa waktu yang lalu ini telah melahap kurang lebih 20 ha lahan milik warga setempat.

"Sebelumnya personel Posramil Tripa Makmur, BPBD Nagan Raya dan warga melakukan pemadaman, akan tetapi tidak maksimal karena kondisi lahan gambut dan cuaca panas sehingga api dengan mudah menyebabkan lahan terbakar," kata Dandim 0116 Nagan Raya, Letkol Inf Guruh Tjahyono, dihubungi dari Suka Makmue, Senin.

Menurutnya, lahan yang terbakar tersebut merupakan milik warga setempat.

Meski sudah berupaya melakukan pemadaman, akan tetapi api yang membakar areal lahan gambut di kawasan tersebut tidak juga padam.

Guna mengantisipasi meluasnya kebakaran, sepanjang Senin pihaknya menurunkan sebanyak 152 lebih personel gabungan dari TNI Polri, Dinas Sosial, BPBD dan warga untuk menjinakkan api dengan bantuan pompa air dari dinas BPBD Nagan Raya agar tidak menjalar ke perkebunan warga yang lain.

Dandim Guruh Tjahyono juga menegaskan pihaknya akan memaksimalkan proses pemadaman dengan mengerahkan eksavator untuk membuat parit diseputaran lokasi kebakaran, sehingga dapat menghentikan sebaran api.
Baca juga: Lahan gambut seluas dua hektare di Nagan Raya Aceh terbakar
Baca juga: Wings Air batalkan penerbangan ke Nagan Raya Aceh karena kabut asap
Baca juga: Karhutla di Nagan Raya capai 20 hektare, tim berupaya padamkan

Pewarta : Teuku Dedi Iskandar
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar