Bank-bank sentral dan pemerintah-pemerintah di seluruh dunia berebut untuk membatasi kerusakan ekonomi dari wabah COVID-19, ...
New York (ANTARA) - Dolar AS jatuh terhadap yen Jepang dan franc Swiss pada akhir perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB), sejalan dengan kejatuhan pasar saham karena kekhawatiran penyebaran COVID-19 mendorong investor beralih ke aset safe havens.

Bahkan, langkah itu terjadi ketika sterling berfluktuasi antara kenaikan dan penurunan setelah bank sentral Inggris, Bank of England (BoE), secara tak terduga memotong suku bunganya.

Bank-bank sentral dan pemerintah-pemerintah di seluruh dunia berebut untuk membatasi kerusakan ekonomi dari wabah COVID-19, yang telah mengirim pasar saham ke kejatuhan karena investor menuju obligasi pemerintah yang aman.

Baca juga: Dolar di kisaran 105,05 yen pada awal perdagangan di Tokyo

Investor juga kecewa karena Presiden Donald Trump tidak membuat pengumuman besar tentang langkah-langkah stimulus. Harapan bahwa Trump akan mengungkap rencana stimulus yang signifikan telah mendorong selera risiko pada Selasa (10/3/2020) dan mendorong investor untuk sementara waktu menjauh dari aset yang lebih aman.

Trump mengatakan pada Selasa (10/3/2020) bahwa ia akan meminta Kongres untuk pemotongan pajak gaji dan langkah-langkah stimulus "sangat besar" lainnya, tetapi rinciannya tetap tidak jelas.

"Kurangnya kepemimpinan AS, baik domestik maupun internasional, tidak meningkatkan kepercayaan investor," kata Marc Chandler, kepala strategi pasar di Bannockburn Global Forex di New York.

Trump pada Rabu (11/3/2020) berusaha menenangkan kekhawatiran tentang virus corona yang menyebar cepat dan mengatakan di Twitter ia akan menggunakan semua sumber daya pemerintah yang diperlukan untuk memberantasnya. Dia tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Sterling sebelumnya rebound karena penurunan suku bunga BoE sebesar 50 basis poin karena langkah tersebut termasuk tindakan untuk mendukung pinjaman bank, meyakinkan investor.

Tapi pound akhirnya jatuh, mengikuti penurunan saham dan selera risiko secara keseluruhan, meluncur 0,6 persen menjadi 1,2835 dolar.

Terhadap euro, pound melemah 0,6 persen menjadi 87,87 pence per euro.

Dolar turun tajam terhadap safe-haven yen dan franc Swiss. Dolar kehilangan 0,9 persen menjadi 104,72 yen, jatuh lebih dari satu yen penuh dari tertinggi Selasa (10/3/2020) di 105,915 yen.

Baca juga: Rupiah Rabu sore loyo, dipicu pelemahan aset berisiko

Dolar juga turun 0,2 persen terhadap franc Swiss menjadi 0,9378 franc, sementara euro sedikit berubah terhadap dolar pada 1,1274 dolar.

Namun, terhadap sekeranjang mata uang, dolar masih menguat 0,2 persen pada 96,517.

Pasar uang sepenuhnya menetapkan kalkulasi pemotongan 10 basis poin lebih lanjut oleh Bank Sentral Eropa ketika bertemu pada Kamis.

Pemotongan suku bunga BoE mengikuti langkah serupa oleh AS dan bank sentral Kanada dan memberikan tekanan lebih pada ECB untuk bertindak, meskipun ia memiliki ruang terbatas dengan suku bunga yang sudah negatif.

"Kami sedang mempersiapkan ECB besok, yang bisa melakukan sesuatu," kata Bannockburn's Chandler. “BoE memberi kami rasa tentang apa yang bisa terjadi. Kami mengharapkan sesuatu yang utama dari ECB."

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020