untuk antisipasi adanya penyebaran virus corona di masjid
Jakarta (ANTARA) - Jajaran Polres Metro Bekasi Kota menggelar kegiatan sterilisasi di Masjid Al-Barkah, Kota Bekasi, untuk mencegah penyebaran virus corona (COVID-19).

"Kegiatan penyemprotan cairan anti COVID-19 adalah untuk antisipasi adanya penyebaran virus corona di masjid," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Yusri Yunus saat dikonfirmasi, Jumat.

Dijelaskan Yusri, sterilisasi dilakukan dengan menyemprotkan cairan antivirus ke seluruh sudut interior masjid.

Kegiatan sterilisasi ini dilaksanakan oleh personel gabungan Polri, TNI dan Pemkot Bekasi sebanyak 20 orang. Personel gabungan juga melakukan pembersihan di dalam dan luar masjid.

Baca juga: DMI kirim karbol ke tiga provinsi
Baca juga: DMI siapkan 2 juta karbol untuk masjid seluruh Indonesia


Kegiatan dipimpin oleh Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Wijonarko dengan didampingi Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto dan Dandim 0507/Bekasi Letkol Rama Pratama.

Giat penangkalan dini COVID-19 ini digelar di masjid karena tempat ini selalu menjadi titik tempat berkumpulnya masyarakat.

Deteksi dini COVID-19 juga digelar oleh Polda Metro Jaya di Gedung Kantor Bersama Pelayanan Satu Atap Kepolisan Terpadu Polda Metro Jaya.

Masyarakat yang hendak memasuki gedung akan dicek suhu tubuhnya untuk mencegah penyebaran virus.

Pengunjung yang suhu tubuhnya maksimal 37 derajat celsius diperbolehkan masuk. Sementara suhu tubuhnya di atas 37 derajat celsius belum diperbolehkan masuk.

Banyak pengunjung yang belum boleh masuk karena suhunya lebih dari 37 derajat celsius diminta untuk duduk sejenak di kursi yang disediakan petugas sampai suhu badannya normal.

Baca juga: Menag galakkan bersih-bersih rumah ibadah cegah corona
Baca juga: JK: Lebih baik capek di masjid daripada di rumah sakit


Kebanyakan pengunjung yang suhu badannya tinggi bukan karena sedang sakit tapi karena terkena terik matahari saat berjalan dari area parkir menuju pintu masuk.

Meski demikian pengunjung Polda Metro Jaya menyambut positif kegiatan deteksi dan kesigapan aparat kepolisian dalam mencegah penyebaran COVID-19.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020