Jakarta (ANTARA) - Balap Le Mans 24 Hours di Prancis resmi ditunda dari 13-14 Juni ke 19-20 September sebagai dampak pandemi virus corona, demikian penyelenggara ajang balapan ketahanan itu pada Rabu.

"Menunda Le Mans 24 Hours dari tanggal aslinya pada Juni sekarang menjadi cara paling tepat di tengah situasi yang berbeda saat ini," kata presiden Automobile Club de L'Ouest (ACO) Pierre Fillon seperti dikutip Reuters.

Sementara itu Prancis pada Selasa menyikapi pandemi itu dengan menerapkan lockdown terhadap 67 warga negaranya.

Le Mans, yang akan menjadi tuan rumah edisi ke-88 balapan ketahanan klasik itu di Sirkuit Sarthe, di bagian barat daya Prancis, telah menjadi daya tarik para penggila balapan.

Baca juga: Formula 1 majukan jeda musim panas ke Maret-April selama 21 hari

Balapan tahun lalu yang dimenangi  Toyota dengan salah satu pebalapnya yang merupakan juara dunia Formula 1 Fernando Alonso, ditonton oleh sedikitnya 252.000 orang.

Balapan ini juga menjadi seri pamungkas dari rangkaian balapan ketahanan FIA World Endurace Championship.

"Hal terpenting sekarang adalah mencegah penyebaran virus ini. Dukungan kami kepada para staf medis yang bekerja tanpa lelah untuk kita semua," kata Fillon.

Penundaan seri Le Mans 24 Hours berakibat juga perubahan jadwal dari WEC dan ELMS (European Le Mans Series), "kami akan segera mengumumkan tanggal barunya," pungkasnya.

Baca juga: Pandemi COVID-19 paksa pebalap sepeda profesional Eropa "menganggur"
 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2020