Penerapan layanan akan dilakukan hingga nantinya situasi membaik
Badung (ANTARA) - Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, menerapkan layanan secara daring atau online customer service lewat telekonferensi  sebagai upaya memberikan pelayanan yang optimal kepada seluruh pengguna jasa bandara di tengah pandemi COVID-19 atau virus corona.

"Online customer service ini merupakan implementasi dari upaya social distancing dan physical distancing dalam upaya kami untuk meminimalisasi risiko penyebaran COVID-19 di lingkungan bandar udara," ujar General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Herry AY Sikado di Mangupura, Kabupaten Badung, Bali, Selasa.

Ia menjelaskan dalam layanan pelanggan secara daring tersebut, mekanisme yang dilakukan sama seperti operasional customer service seperti biasanya.

"Hanya saja, penumpang yang ingin bertanya tidak lagi bertatap muka secara langsung dengan petugas kami, melainkan interaksi melalui layar yang disediakan di konter customer service," katanya.

Saat ini, petugas layanan pelanggan yang sebelumnya bertugas memberikan layanan informasi kepada pengguna jasa bandar udara di sejumlah konter customer service, ditempatkan secara terpusat di Airport Operation Control Center (AOCC) dengan layanan yang dioperasikan berbasis teleconference.

Herry mengatakan, layanan online customer  service itu telah tersedia di lima titik di terminal penumpang, yaitu pada lobi terminal keberangkatan internasional dan lobi terminal kedatangan internasional.

Selanjutnya, ruang tunggu terminal keberangkatan internasional, area check-in counter terminal keberangkatan domestik serta di ruang tunggu terminal keberangkatan domestik.

Menurutnya, penerapan layanan akan dilakukan hingga nantinya situasi membaik.

Untuk membantu memberikan kemudahan bagi para penumpang dalam menggunakan layanan ini, pihaknya juga telah menyediakan panduan penggunaan layanan pada layar monitor TV yang berada di gerai customer service.

"Dengan adanya layanan ini, kami berharap seluruh pengguna jasa dapat lebih merasa aman dan nyaman dengan tetap tidak mengurangi kualitas layanan," ungkap Herry.

Ia menambahkan, pihaknya juga terus mengimbau kepada seluruh pengguna jasa bandar udara untuk mengikuti aturan yang ada guna pencegahan penyebaran COVID-19, seperti menerapkan social distancing dan physical distancing di area bandar udara, menggunakan hand sanitizer serta menerapkan pola hidup bersih demi keamanan dan kesehatan bersama.

Baca juga: Bandara Ngurah Rai datangkan 12 unit pemindai suhu tubuh
Baca juga: Penumpang rute internasional di Bandara Ngurah Rai anjlok 30,18 persen

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020