Medan (ANTARA) - Sebanyak 120 Tenaga Kerja Indonesia asal Sumatera Utara pulang dalam gelombang ketiga dari negeri jiran Malaysia dan tiba di Pangkalan Udara Militer (Lanud) Soewondo (Polonia), Medan, Jumat.
 
"Untuk penerbangan yang ketiga ini berjumlah 120 TKI," kata Komandan Pangkalan TNI-AU (Danlanud) Soewondo Medan Polonia Kolonel (Pnb) Meka Yudanto di Medan.
 
Ia menyatakan TKI ini akan dikarantina sampai ada petugas dari masing-masing pemerintah daerah untuk menjemput warganya.
 
"Semalam sudah 135 orang gelombang kedua, hari ini 120 orang. Mereka di sini dulu beberapa hari, dan nanti akan di isolasi di daerah masing-masing," ujarnya.

Baca juga: Dikarantina sementara di Medan, gelombang kedua TKI dari Malaysia tiba

Baca juga: Gelombang kedua TKI dari Malaysia tiba di Sumut

 
Sebanyak 120 Tenaga Kerja Indonesia asal Sumatera Utara gelombang ketiga yang dipulangkan dari negeri jiran Malaysia tiba di Pangkalan Udara Militer (Lanud) Soewondo (Polonia), Medan, Jumat (10/4/2020). (ANTARA/Nur Aprilliana Br Sitorus)
 
Sebelum memasuki ruangan karantina, ratusan TKI harus melalui proses pemeriksaan kesehatan yang bertujuan untuk mencegah COVID-19 melalui TKI yang kembali dari luar negeri.
 
Adapun pemeriksaan kesehatan itu mulai dari pengecekan suhu tubuh dan penyemprotan disinfektan kepada TKI maupun barang bawaan.
 
Hingga saat ini, total sebanyak 389 TKI yang dipulangkan dari negeri jiran Malaysia sudah tiba di Sumatera Utara.
 
Sebanyak 134 TKI gelombang pertama dikarantina di Taman Cadika, Sumut. Sedangkan gelombang kedua dan ketiga dikarantina di Pangkalan Udara Militer (Lanud) Soewondo (Polonia), Medan.
 
Untuk gelombang keempat, dijadwalkan akan tiba di Bandara Internasional Kualanamu pada Jumat sore.*

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020