PDP yang meninggal di RSUD Doris Sylvanus positif COVID-19

id pdp kapuas meninggal positif covid,penanganan corona,virus corona,corona,covid-19,2019-ncov,novel coronavirus 2019

PDP yang meninggal di RSUD Doris Sylvanus positif COVID-19

Ilustrasi - Corona virus (ANTARA/Shutterstock)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Seorang Pasien Dalam Pengawasan yang meninggal di Rumah Sakit Doris Sylvanus, telah dinyatakan positif terkena COVID-19, kata anggota Bidang Humas, Informasi dan Komunikasi Tim Satuan Tugas COVID-19 Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, dr Try Setya Utami.

"Kami mendapat kabar dari surveilans Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng bahwa pasien PDP dari Basarang yang meninggal 8 April 2020 jam 23.00 WIB, hasil labnya positif COVID-19," kata dr Try melalui pesan WhatsApp di Kuala Kapuas, Jumat.

Terhadap riwayat kontak erat, lanjutnya, yakni keluarga serumah, teman seperjalanan, termasuk petugas kesehatan akan diisolasi dan diperiksa. Pemantauan kesehatan dilakukan selama 14 hari sejak kontak terakhir dengan almarhum tersebut.

Baca juga: Kalteng kembali terima 10.000 APD dan 3.000 masker
Baca juga: Tambah dua, pasien positif COVID-19 Kotawaringin Barat jadi empat


Dikatakannya, bahwa pasien PDP tersebut  pada 1 April 2020, malam hari dirujuk ke RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya. Di rumah sakit itu sudah dilakukan pemeriksaan spesimen dan dikirim ke laboratorium rujukan.

Pasien itu mempunyai riwayat perjalanan, ikut rombongan ke acara Ijtima Ulama di Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan, namun dia baru sampai Makasar, sudah dipulangkan karena acara itu dibatalkan.

“Menurut informasi dari surveilans mengkonfirmasikan bahwa beliau (PDP) tidak sampai ikuti ke Gowa. Jadi beliau hanya sampai di Makassar saja,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kapuas, Junaidi, menambahkan.

Baca juga: Seorang calon pendeta di Palangka Raya dinyatakan sembuh dari COVID-19
Baca juga: Seorang pasien COVID-19 di Kalteng meninggal karena serangan jantung


Berdasarkan data untuk saat ini, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) ada sebanyak 17 orang, terdiri dari Kecamatan Kapuas Hulu 4 orang, Kecamatan Tamban Catur 4 orang, Kecamatan Kapuas Tengah 2 orang, Kecamatan Selat 2 orang, Kecamatan Basarang, Dadahup, Kapuas Barat, Kapuas Kuala dan Timpah masing-masing 1 orang.

Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) masih nol. Sementara untuk jumlah yang terpapar COVID-19 di Kabupaten Kapuas, positif satu orang, sembuh nol, dan meninggal dunia satu orang.

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Kalteng diakui tujuh orang
Baca juga: Pemprov Kalteng siapkan Rp50 miliar untuk pencegahan COVID-19

Pewarta : Kasriadi/All Ikhwan
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar