Pelaksanaan program TMMD Reguler ke-107 itu dapat kami laksanakan dengan aman, lancar dan tepat waktu
Pontianak (ANTARA) - Kodim 1207/Berdiri Sendiri (BS) Pontianak merampungkan pembangunan pekerjaan fisik TMMD Reguler ke-107 tahun 2020, di Desa Pal 9, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

"Pelaksanaan program TMMD Reguler ke-107 itu dapat kami laksanakan dengan aman, lancar dan tepat waktu. Adapun sasaran pekerjaan pembangunan itu berupa jalan rabat atau fondasi beton sepanjang 1.200 meter, dan 13 unit jembatan sudah rampung 100 persen kami kerjakan," kata Dansatgas TMMD Reguler ke-107 tahun 2020 Kodim 1207/BS Pontianak, Kolonel (Arm) Stefie Jantje Nuhujanan, di Pontianak, Senin.

Ia mengatakan, dengan telah rampungnya seluruh sasaran pekerjaan fisik itu, kini masyarakat setempat bisa menggunakan jalur jalan tersebut dengan lancar. Dalam kegiatan TMMD Ke-107 yang berlokasi di Desa Pal 9 ini, melibatkan 150 personel yang tergabung dalam Satgas TMMD Ke-107 Kodim 1207/BS.

"Adapun maksud dan tujuan dari kegiatan TMMD ini adalah untuk bersinergi dengan pemerintah daerah dalam pembangunan. Sesuai dengan Undang-Undang TNI No. 34 Tahun 2004 tentang tugas TNI dalam OMSP yang salah satunya adalah membantu dan bersinergi dengan pemerintah daerah untuk percepatan pembangunan di daerah Kabupaten Kubu Raya," katanya.
Baca juga: Warga perbatasan berharap TNI semakin merakyat


Menyinggung upaya pencegahan penyebaran COVID-19 ini, Kodim 1207/BS telah mencoba untuk melakukan langkah-langkah antisipasi, yaitu dengan mengurangi personel yang terlibat dalam pekerjaan dengan cara bergantian. Kemudian dalam menggunakan alat-alat seperti molen, Satgas TMMD menggunakan tenaga manusia yang terbatas untuk mencegah terjadinya penumpukan personel yang bekerja di lapangan.

"Untuk personel Satgas TMMD dan warga agar selalu menjaga kesehatan dalam setiap pelaksanaan pekerjaan TMMD, kami imbau agar selalu menggunakan masker dan mengikuti arahan pemerintah tentang upaya pencegahan penyebaran CIVID-19 yang sedang kita hadapi sekarang ini." katanya.

Komandan SSK TMMD ke-107 Kodim 1207/BS Kapten (Inf) Saripin mengatakan bahwa pekerjaan sasaran fisik itu sudah selesai 100 persen dan sekarang kondisi jalan dan jembatan yang dibangun sudah bisa dilalui.

"Terkait COVID-19, saya selaku Komandan SSK selalu menekankan kepada personel Satgas TMMD dan mengimbau kepada warga agar selalu menjaga kesehatan, dalam setiap pelaksanaan pekerjaan agar selalu menggunakan masker, rajin mencuci tangan, makan yang cukup dan bergizi serta hindari kerumunan yang melibatkan orang ramai dan selalu mengikuti arahan pemerintah," katanya pula.
Baca juga: Warga perbatasan RI-Malaysia cek lokasi TMMD bersama prajurit TNI

Pewarta: Andilala dan Slamet Ardiansyah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020