Padang (ANTARA) - Jumlah pasien positif terpapar COVID-19 di Sumatera Barat kembali melonjak menjadi 55 orang pada Rabu, bertambah tujuh orang dari hari sebelumnya yang berjumlah 48 orang dan delapan dinyatakan sembuh.

"Ada tambahan tujuh orang yang teridentifikasi positif hari ini masing-masing lima orang dari Padang, satu dari Tanah Datar dan satu dari Pasaman Barat," kata Juru Bicara COVID-19 Sumbar, Jasman di Padang, Rabu.

Tambahan tujuh orang itu masing-masing laki-laki (45) yang merupakan karyawan toko, sekarang isolasi mandiri di rumah, perempuan (59) yang merupakan isteri dari pasien yang sebelumnya telah dipastikan positif COVID-19.

Kemudian laki-laki (60) yang sehari-hari bekerja sebagai sopir tangki BBM. Ia diperkirakan terpapar di luar daerah sumbar. Laki-laki (54) dirawat di RSUP M Djamil Padang. Ia terpapar dari salah satu pasien PDP yang sekarang juga tengah di rawat di M Djamil. Lalu laki-laki (58) diperkirakan terpapar dari pasien positif sebelumnya yang juga lagi di rawat di M Djamil.

Baca juga: Enam pasien sembuh dari COVID-19 di Sumbar

Baca juga: Pasien sembuh: Dukungan moral bantu pasien COVID-19 lebih cepat sembuh

Baca juga: Empat pasien positif COVID-19 di Sumbar dinyatakan sembuh


Lalu dari Pasaman Barat wanita (60) yang merupakan kakak dari pasien positif sebelumnya di Pasaman Barat. Sekarang isolasi mandiri di rumahnya. Dari Kabupaten Tanah Datar wanita (40) terpapar dari luar daerah.

Sebagian besar dari tujuh pasien yang terdeteksi positif COVID-19 itu sekarang melakukan isolasi mandiri di rumahnya.

Sementara berita gembira datang dari RSUP M.Djamil Padang yang memastikan satu pasien positif COVID-19 dinyatakan sembuh setelah dua kali pengujian di laboratorium dan hasilnya negatif. Yang bersangkutan wanita (38) berasal dari Kota Padang dan sekarang telah pulang ke rumahnya. Total delapan pasien telah sembuh di Sumbar.

Jasman memastikan semua pasien positif COVID-19 yang isolasi mandiri di rumahnya masing-masing, tetap dalam pengawasan protokol kesehatan yang ketat dari tim paramedis dan tim keamanan.

Data gugus COVID-19 Sumbar hingga hari ini jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di provinsi itu sebanyak 5.758 orang. Sebagian besar yaitu 5.046 telah selesai dipantau dan 712 orang masih dalam pantauan.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 180 orang dengan rincian 38 orang masih dirawat di berbagai rumah sakit rujukan sambil menunggu hasil laboratorium, 119 dinyatakan negatif dan 23 orang isolasi diri di rumah.

Rumah sakit yang saat ini menangani pasien positif COVID-19 diantaranya RSUP. M Djamil Padang, RS Ahmad Mochtar Bikittinggi, RS Semen Padang, RSUD M Zein Painan, RS Bhayangkara, dan RSUD Kepulauan Mentawai.*

Baca juga: PKS Sumbar serahkan bantuan APD untuk empat rumah sakit

Baca juga: Positif COVID-19, pasien di Pasaman Barat dievakuasi ke RS Unand

Baca juga: BK DPRD Sumbar tunggu laporan warga soal dugaan pelanggaran etik dewan

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020