Jakarta (ANTARA) - Paket bantuan sembilan bahan pokok (sembako) dari Kementerian Sosial untuk warga terdampak COVID-19 di wilayah DKI Jakarta berisi 10 jenis barang termasuk beras, mi instan, sarden, kecap, susu, dan sabun mandi.

"Isi paket sembako ada 10 jenis. Ada mie instan, kornet, sarden, saos sambal, kecap manis, susu, minyak goreng, teh celup, dan beras serta sabun mandi," kata Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Pepen Nazaruddin dalam konferensi pers daring di Jakarta, Jumat.

Paket sembako bantuan pemerintah yang nilainya Rp600 ribu per keluarga per bulan disalurkan dua tahap dalam sebulan dengan nilai bantuan setiap kali penyaluran Rp300 ribu per keluarga.

Bantuan tersebut akan disalurkan pada 20 April 2020 kepada 1,3 juta warga DKI Jakarta. Kementerian Sosial juga akan menyalurkan bantuan sembako serupa kepada 600 ribu warga Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Bantuan sembako diberikan kepada keluarga miskin dan rentan terdampak wabah selama tiga bulan dari April hingga Juni 2020.

Pepen menjelaskan, pendistribusian bantuan dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan, tanpa mengumpulkan orang banyak. 

"Karena itu paket sembako akan disampaikan langsung ke rumah penerima manfaat," katanya.

Pemerintah bekerja sama dengan PT Pos Indonesia dan penyedia layanan pemesanan daring untuk mengantarkan bantuan ke rumah keluarga penerima manfaat.

Baca juga:
Bantuan sembako untuk warga Jabodetabek disalurkan 20 April
Peneliti: Pandemi momentum evaluasi struktur kebijakan bantuan sosial

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2020