Semen Indonesia gandeng TCC Jepang untuk perluas pasar global

id Semen Indonesia,investasi semen

Semen Indonesia gandeng TCC Jepang untuk perluas pasar global

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk memantapkan visi menjadi perusahaan penyedia solusi bahan bangunan terbesar di regional. ANTARA/HO/Semen Indonesia

Jakarta (ANTARA) - PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) menjajaki kerja sama investasi dengan Taiheiyo Cement Corporation (TCC), perusahaan asal Jepang yang bergerak di industri semen dan bahan bangunan, sumber daya mineral, pengelolaan limbah, dan bisnis internasional.

Kerja sama rencana investasi TCC di PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) yang merupakan bagian dari Semen Indonesia Grup ini, membuka peluang perluasan pasar global melalui TCC.

Presiden Direktur SBI, Aulia Moelki Oemar dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, mengatakan kesepakatan ini bagian dari kewajiban refloat saham SBI setelah Mandatory Tender Offer (MTO) yang dilakukan pada tahun 2019 .

Rencana investasi TCC akan dilakukan melalui rights issue atau peningkatan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD).

Sedangkan kemitraan strategis lainnya akan diatur dalam perjanjian kerja sama terpisah sesuai ketentuan yang berlaku serta perjanjian terkait yang akan ditandatangani kemudian.

“Seluruh pelaksanaan nota kesepahaman (MoU) ini akan tunduk pada perjanjian-perjanjian definitif dan ketentuan yang diatur di dalamnya serta peraturan perundangan-undangan yang berlaku," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama SIG Hendi Prio Santoso mengatakan rencana kerja sama strategis SIG dan TCC bagian dari strategi mewujudkan visi sebagai penyedia solusi bahan bangunan terbesar di regional.

“Kerja sama ini akan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. Kemitraan ini akan memperkuat posisi SIG sebagai penyedia solusi bahan bangunan terbesar di regional," ujar Hendi.

Selain perluasan pasar, juga membuka peluang bagi kedua pihak dalam penelitian produk dan pengembangan teknologi sehubungan dengan kegiatan usaha masing-masing perusahaan.

Dengan persamaan nilai dan model bisnis yang berkelanjutan akan meningkatkan kapabilitas sebagai perusahaan berstandar global.

Sebagai informasi, saat ini Semen Indonesia melalui Semen Indonesia Industri Bangunan menguasai 98,30 persen saham Solusi Bangun Indonesia.

SBI mengoperasikan empat pabrik semen terintegrasi yang berlokasi di Narogong (Jawa Barat), Cilacap (Jawa Tengah), Tuban (Jawa Timur), dan Lhoknga (Aceh) dengan total kapasitas 14,8 juta ton semen per tahun.

TCC Group memiliki jaringan operasional yang terdiri dari sembilan pabrik semen terintegrasi di Jepang, tiga pabrik masing-masing di China dan Amerika Serikat, satu pabrik di Vietnam, satu pabrik di Filipina, dan satu Grinding Plant di Papua Nugini.

Baca juga: Semen Indonesia prakarsai pendirian perusahaan dengan BUMDes Rembang
Baca juga: Semen Indonesia serahkan bantuan pencegahan COVID-19 Rp15 miliar
Baca juga: Semen Indonesia bukukan laba bersih Rp2,392 triliun tahun 2019


Pewarta : Royke Sinaga
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar