Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani menyerahkan bantuan sembako kepada para karyawan dan masyarakat sekitar kompleks parlemen serta meminta warga untuk menunda rencana mudik Lebaran 2020.

Puan meminta agar warga masyarakat menunda mudik Lebaran tahun ini untuk mencegah penyebaran virus corona dan dirinya memahami larangan mudik sangat memberatkan masyarakat dalam merayakan Lebaran.

"Saya tahu betapa berharganya dan indahnya bagi kami untuk dapat bersilaturahmi menemui orang tua dan sanak saudara. Tetapi ketika kami melakukan mudik di tengah pandemi COVID-19, maka artinya memperbesar dan memperluas risiko menularkan Virus Corona kepada orang-orang yang dicintai dan kasihi," kata Puan di Jakarta, Kamis.

Hal itu disampaikannya saat penyerahan bantuan sembako dari DPR kepada para karyawan dan masyarakat sekitar kompleks parlemen.

Menurut Puan, menunda mudik akan mengurangi penyebaran pandemi COVID-19 ke daerah-daerah karena status wilayah-wilayah di Jabodetabek sebagai zona merah corona.

"Sebab mungkin saja kami terlihat sehat tapi bisa saja sebenarnya membawa COVID-19 di dalam tubuh kami, dan tanpa sadar serta tidak sengaja dapat menularkannya kepada orang-orang yang ditemui saat mudik," katanya.

Karena itu Puan meminta kepada masyarakat untuk menunjukkan rasa sayang kepada orang tua dan saudara di kampung halaman dengan menunda mudik.

Selain itu menurut Puan, pemberian bantuan sembako yang merupakan kerjasama antara DPR dengan Bank Bukopin itu merupakan bentuk solidaritas sosial yang sangat dibutuhkan semua komponen masyarakat.

"Di saat-saat seperti ini lah sangat dibutuhkan adanya gotong royong kami semua. Pimpinan DPR-RI mengajak agar seluruh elemen masyarakat terus menjalankan semangat gotong royong," ujarnya.

Puan mengapresiasi sejumlah bansos yang sudah dibagikan dan sedang disiapkan oleh pemerintah pusat dan daerah bagi warga yang terdampak penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

"Insentif seperti itu sangat penting agar masyarakat tenang tinggal di rumah mematuhi anjuran PSBB," katanya.

Bantuan tersebut berjumlah 9 ribu paket sembako yang merupakan kerjasama DPR RI dengan Bank Bukopin.

Selain masyarakat sekitar kompleks parlemen, bantuan sembako diberikan kepada Marbot Masjid, office boy, tenaga kebersihan dan pengamanan, serta para pekerja lain yang sehari-harinya beraktivitas di gedung DPR RI.

Baca juga: Puan: Prosedur pemakaman jenazah COVID-19 harus disosialisasikan

Baca juga: Puan: Satgas Lawan COVID-19 bantu pemerintah tangani pandemi

Baca juga: Puan serahkan bantuan PCR tes COVID-19

Baca juga: Puan serukan solidaritas internasional atasi COVID-19

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020