Seharusnya hari ini ada pesawat yang landing (mendarat), yaitu Citilink QG 760/761 rute Cengkareng-Solo-Cengkareng. Meski demikian, hari ini penerbangannya dibatalkan
Solo (ANTARA) - Hari ini Bandara Adi Soemarmo Surakarta kembali membuka penerbangan menyusul pernyataan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi terkait diperbolehkannya operasional moda transportasi umum.

"Bandara Adi Soemarmo kembali menyiapkan operasional bandara guna mengakomodasi penerbangan niaga berjadwal yang akan kembali beroperasi," kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Abdullah Usman di Solo, Jawa Tengah, Jumat.

Belum lama ini Menhub menyatakan seluruh moda transportasi diizinkan kembali beroperasi mulai Kamis (7/5) dengan pembatasan kriteria penumpang dan mengacu pada Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan COVID-19.

Baca juga: Menhub: Mulai 7 Mei seluruh moda transportasi dibuka kembali

"Kami menyambut baik dan mendukung arahan pemerintah. Kami akan siapkan posko pengamanan dan pemeriksaan yang berada di lobi keberangkatan," katanya.

Selain itu pihaknya juga segera berkoordinasi dengan Pelaksana Harian Gugus COVID-19 pemerintah setepat untuk posko bersama.

"Seharusnya hari ini ada pesawat yang landing (mendarat), yaitu Citilink QG 760/761 rute Cengkareng-Solo-Cengkareng. Meski demikian, hari ini penerbangannya dibatalkan dengan alasan operasional," katanya.

Baca juga: Citilink percepat awali penerbangan khusus Jambi-Jakarta, mulai besok

Baca juga: Bukan untuk mudik, Garuda mulai penerbangan Jambi-Jakarta 11 Mei

Pihak Bandara Adi Soemarmo pun telah berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) terkait pengoperasian kembali penerbangan yang akan dilakukan oleh beberapa maskapai.

Sementara itu untuk jam operasional bandara, kata dia, masih dari pukul 08.00-16.00 WIB.

"Kami juga tetap akan memperhatikan protokol kesehatan dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 18 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran COVID-19," katanya.

Baca juga: Penerbangan Jambi-Jakarta bakal beroperasi lagi mulai Minggu

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020