Jayapura (ANTARA News) - Sejumlah siswa sekolah menengah mengaku masih bingung untuk menentukan buku cetak pelajaran yang akan digunakan pada tahun ajaran baru.

Seorang siswa sekolah menengah pertama, Frederika di Jayapura, Senin mengatakan dia sudah mengunjungi beberapa toko buku yang menyediakan buku-buku cetak pelajaran, namun belum bisa memastikan buku apa yang harus dibelinya.

"Belum ada informasi dari guru-guru tentang buku cetak yang nanti dipakai. Tapi, saya sudah lihat-lihat isi buku pelajaran di toko supaya nanti tidak terlalu kaget kalau sudah mulai aktif belajar," ujarnya yang saat ini duduk di kelas XI.

Hal yang sama juga dialami Jordano yang pada tahun ajaran 2009/2010 ini naik kelas XI sekolah menengah atas.

Dia belum bisa memutuskan buku mana yang akan dimilikinya karena belum mendapat penjelasan yang terang mengenai hal tersebut dari para pengajar di sekolah.

"Biasanya, kalau guru bidang studi yang mengajar sama seperti tahun lalu, berarti buku pelajarannya juga sama," katanya.

Dengan berpatokan pada hal itu, dia mengaku telah membeli beberapa pustaka pelajaran yang kira-kira akan digunakan pada saat kegiatan akademik sekolah mulai aktif berjalan.

Walaupun belum merasa pasti, dia menyatakan buku-buku cetak pelajaran yang telah dibelinya bisa menjadi gambaran mengenai materi pelajaran yang akan dipelajari di sekolah.

"Kalau nanti ternyata buku yang ditetapkan guru berbeda dengan yang sudah saya beli, buku-buku pelajaran ini tetap bisa saya pakai untuk belajar. Jadi tidak akan ada ruginya," tandasnya.

Jelang tahun ajaran baru 2009/2010, beberapa toko buku di Kota Jayapura dan sekitarnya telah menyediakan berbagai buku cetak pelajaran untuk tingkat pendidikan dasar dan menengah dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan sebelumnya.

Buku-buku pelajaran yang disediakan ini berasal dari berbagai penerbit yang pada umumnya telah lama digunakan di sekolah-sekolah di Jayapura.

Tahun ajaran baru sudah mulai berjalan sejak seminggu yang lalu, diawali dengan Masa Orientasi Sekolah (MOS) yang dilaksanakan untuk menyambut para siswa baru baik di lingkungan sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009