mengkampanyekan pemberian bantuan untuk mereka yang terkena imbas krisis COVID-19
Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional dan Pusat Investasi Pemerintah bermitra menggalang dana bantuan bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah yang terdampak COVID-19.

"Kerja sama ini diwujudkan dengan mengajak masyarakat untuk berdonasi membantu pemenuhan kebutuhan mereka yang terdampak melalui rekening khusus serta kanal donasi bantuan kitabisa.com," kata Anggota Baznas Emmy Hamidiyah dalam telekonferensinya yang dipantau dari Jakarta, Senin.

Dia mengatakan banyak masyarakat kehilangan pekerjaan sementara UMKM kesulitan bertahan saat pandemi. Maka sinergi Baznas-PIP agar dapat membantu lebih banyak lagi masyarakat yang membutuhkan.

"Baznas saat ini aktif mengkampanyekan pemberian bantuan untuk mereka yang terkena imbas krisis COVID-19, yaitu pekerja informal, pelaku usaha mikro dan kelompok rentan lainnya," kata dia.

Baca juga: BAZNAS bantu masyarakat terdampak COVID-19 melalui 11 lembaga program

Baca juga: BAZNAS salurkan asuransi relawan COVID-19


Direktur Pusat Investasi Pemerintah Ririn Kadariyah mengatakan bahwa kemitraan dengan Baznas diinisiasi setelah melihat dampak COVID-19 kepada para pelaku usaha mikro.

"Sebagai Badan Layanan Umum yang bertanggung jawab kepada Menteri Keuangan dalam menangani pembiayaan usaha mikro, sudah seharusnya PIP membantu mereka untuk tetap menjalankan usahanya walaupun dalam kondisi seperti ini," katanya.

PIP, kata dia, memberikan program pembiayaan kepada usaha Ultra Mikro (UMi) yang tidak dapat mengakses pembiayaan melalui perbankan dengan plafon maksimal Rp10 juta. UMi merupakan jembatan kemandirian usaha dari program bantuan sosial menuju program pembiayaan pemerintah yang lebih tinggi yaitu Kredit Usaha Rakyat.

Pandemi COVID-19, lanjut dia, memberikan pukulan keras kepada pelaku usaha mikro yang selama ini mendapatkan pembiayaan UMi. Pemberian relaksasi kebijakan dalam bentuk penundaan angsuran pokok dan subsidi bunga perlu dikombinasikan dengan bantuan sosial seperti yang diinisiasi PIP dengan Baznas.

Adapun Baznas telah menyiapkan rekening khusus sebagai penampungan donasi yang terkumpul, untuk nantinya disalurkan kepada mereka yang membutuhkan.

Masyarakat bisa berdonasi melalui rekening BNI Syariah dengan nomor rekening 89130190 0302 0018, rekening Maybank dengan nomor rekening 270 000 0555 serta kanal Kitabisa.com dengan link bit.ly/BaktiSosialBersamaPIP.

Baca juga: Wapres minta badan amil mulai sosialisasikan zakat Ramadhan

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020