Iluni UI bantu 4.050 paket sembako dan APD tenaga medis

id iluni UI,bantuan sembako,donasi APD,COVID-19,donasi corona,UI Depok

Iluni UI bantu 4.050 paket sembako dan APD tenaga medis

Penyerahan bantuan sembako dan APD secara simbolis dari Iluni UI. (ANTARA/HO-Humas UI)

Depok (ANTARA) - Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) bersama dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 membagikan donasi berupa 4.050 paket sembako untuk masyarakat serta alat pelindung diri (APD) kepada tenaga medis di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI).

Penyerahan donasi secara simbolis oleh Ketua Umum Iluni UI sekaligus Koordinator Relawan Nasional Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Andre Rahadian dan Sekretaris Jenderal Iluni UI Bachtiar Firdaus didampingi Ketua Iluni UI sekaligus Koordinator Gerakan Iluni UI Tanggap COVID-19 Endang Mariani di Balairung Kampus UI Depok, Jumat.

Bantuan paket sembako yang dibagikan terdiri atas 3.000 paket donasi Adaro dan Bakrie Group serta 1.000 paket dari Bank Mandiri, dan 50 paket dari Tunas Mandiri, sedangkan donasi APD merupakan hasil pengumpulan dana dari Benihbaik.

Bantuan APD diterima oleh Direktur Utama RSUI dr. Astuti Giantini, Sp.PK, MPH, sedangkan secara simbolis bantuan paket sembako diserahkan kepada pihak Universitas Indonesia yang diwakili Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset Universitas Indonesia (UI) Dr. Muhammad Luthfi Zuhdi serta perwakilan masyarakat.

Luthfi mengapresiasi perhatian dari Iluni UI dan pihak-pihak eksternal kepada UI, baik Rumah Sakit UI maupun para pegawai, dan masyarakat sekitar UI.

"Kami juga akan sekuat tenaga menyalurkan bantuan-bantuan ini ke berbagai pihak yang memang membutuhkan. Kerja sama 'triple helix' yang melibatkan pihak swasta, pemerintah, serta perguruan tinggi menunjukkan bentuk solidaritas dan gotong royong dapat mengatasi permasalahan pandemi COVID-19," ujarnya.

Baca juga: UI kembangkan alat deteksi pneunomia akibat COVID-19

Direktur Utama RSUI Astuti Giantini juga mengucapkan terima kasih kepada Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Iluni UI dan badan usaha yang telah memberikan APD bagi rumah sakit.

"Kami sangat berterima kasih atas bantuan APD yang diberikan oleh Tim Relawan Nasional Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Iluni UI dan juga dukungan dari jajaran pimpinan UI," ujarnya.

Saat ini, katanya, RSUI sedang menangani perawatan pasien COVID-19 dengan jumlah yang cukup banyak sehingga memang diperlukan APD bagi tenaga medis.

"Terutama masker N-95 yang saat ini sulit untuk didapat. Bantuan ini tentu akan sangat membantu bagi tenaga kesehatan RSUI dalam memberikan pelayanan optimal untuk penanganan COVID-19," katanya.

Ketua Umum Iluni UI Andre Rahadian menjelaskan pihaknya pun menerima bantuan dari berbagai komunitas dan perusahaan korporasi. Iluni UI juga bekerja sama dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

"Sebelumnya Iluni UI bekerja sama dengan operator jaringan seluler dan penyedia layanan internet untuk memberikan bantuan untuk PJJ mahasiswa UI. Kali ini kami bekerja sama dengan Adaro, Bakrie Grup, dan Mandiri untuk pemberian sembako," katanya.

Baca juga: UI dan mitra industri siap produksi 1 juta flocked swab
Baca juga: Di tengah pandemi, pejabat struktural RSUI 2020-2024 dilantik

Pewarta : Feru Lantara
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar