Jakarta (ANTARA) - Sekjen DPP AMPHURI Firman M Nur mengatakan Arab Saudi memperlihatkan keseriusannya menyiapkan fasilitas haji sehingga menjadi dasar baginya bahwa penyelenggaraan haji tahun ini dapat terlaksana.

"Setidaknya, sikap optimisme itu berdasarkan upaya Kerajaan Saudi terus meningkatkan penanganan COVID-19 yang dinilai sebagai langkah persiapan menyambut musim haji," kata Firman dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin.

AMPHURI merupakan akronim dari Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia. Dia mengatakan paguyuban biro umrah dan haji khususnya itu memperhatikan perkembangan terkini kondisi Saudi dan pandemi COVID-19.

Firman mengatakan keseriusan Saudi itu tampak dari pemasangan gerbang disinfektan di pintu masuk di dua masjid suci, Masjidil Haram (Mekkah) dan Masjid Nabawi (Madinah).

Baca juga: 4.602 calon haji Riau sudah lunasi BPIH 2020

Baca juga: Kemenag harap 12 Mei Saudi sudah umumkan kepastian haji 2020


Otoritas setempat, kata dia, juga melakukan disinfeksi pada pegangan eskalator, memasang monitor suhu tubuh dan melakukan pembersihan menyeluruh area dua masjid suci minimal tiga kali sehari.

"Pemerintah Indonesia sendiri masih menunggu keputusan pemerintah Arab Saudi terkait penyelenggaraan haji hingga 20 Mei mendatang. Tentunya, dalam penyelenggaraan haji nanti harus mengacu pada protokol kesehatan penanganan COVID-19," katanya.

Firman mengatakan AMPHURI saat pandemi terus mengedukasi masyarakat dan memotivasi anggotanya untuk tetap optimistis dan tidak tinggal diam begitu saja. Salah satunya adalah membantu anggota yang terdampak dan menggelar program manasik haji secara daring untuk para calon jamaah haji dan masyarakat umum.

"Program Manasik Haji Online ini dilakukan setiap hari selama bulan Ramadhan melalui saluran youtube AMPHURI Channel dengan harapan para calon jamaah haji khusus dapat terus belajar ilmu soal haji dan menguatkan niat hajinya serta terus berdoa agar pandemi COVID-19 segera berakhir sehingga haji tahun ini bisa terlaksana," katanya.*

Baca juga: 107 warga di Palembang terjaring razia masker dikarantina 24 jam

Baca juga: Biaya haji tahap pertama telah dilunasi 179.584 calon jamaah

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020