Jakarta (ANTARA) - Perusahaan telekomunikasi XL Axiata memperkuat jaringan beberapa wilayah menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441H.

"Ada ada beberapa spot, terutama di Jawa Tengah yang kita perkuat dan ada juga model BTS yang kita gelar di beberapa tempat," ujar (Plt) Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, dalam temu media secara virtual, Senin.

Gede melihat ada peningkatan tren pulang kampung, terutama di Jawa Tengah. Meskipun larangan mudik telah diberlakukan, kecenderungan itu terlihat saat kebijakan Work From Home (WFH) mulai diterapkan.

Baca juga: XL Axiata perkuat jaringan jelang dan selama Ramadhan hingga Lebaran

Baca juga: Pendapatan XL Axiata triwulan pertama 2020 naik 9 persen


Menurut Gede, XL telah mempersiapkan jaringan Lebaran saat mengantisipasi lonjakan trafik selama pandemi COVID-19.

"COVID-19 dan Ramadhan, lebaran udah mix. Kita juga sekaligus memasukkan faktor Ramadhan atau Lebaran di dalamnya. Jadi satu kesatuan project atau satu kesatuan timeline," kata Gede.

Lebih jauh, XL telah mengantisipasi jumlah mereka yang pulang kampung menjadi penambahan tetap dalam jaringan di wilayah tersebut, sehingga kapasitas jaringan telah cukup memadai.

Tidak hanya itu, seperti setiap tahun menjelang Lebaran, XL juga melakukan uji jaringan di sejumlah tempat, seperti tol, pelabuhan dan beberapa masjid.

"Karena ini adalah program lebaran dari tahun ke tahun. Bedanya adalah kita antisipasi juga mereka mudik lebih cepat jauh dari lebaran yang sebenarnya," ujar Gede.

"Apapun yang kita siapkan kemarin, pada saat di awal-awal WFH atau Covid sudah mengcover beberapa bagian dari proyek-proyek terkait Lebaran," dia menambahkan.

Baca juga: RUPS XL Axiata setujui pembagian deviden dan perubahan direksi

Baca juga: Traffic internet naik 20 persen selama Ramadhan

Baca juga: Pendapatan XL Axiata triwulan pertama 2020 naik 9 persen

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020