Bantuan disalurkan di masing-masing wilayah kerja anggota perusahaan Pupuk Indonesia Grup
Jakarta (ANTARA) - PT Pupuk Indonesia (Persero) bersama seluruh anak perusahaannya terus aktif membantu masyarakat dan petugas medis selama masa pandemi COVID-19 dengan total bantuan yang telah digelontorkan mencapai Rp10,8 miliar hingga 11 Mei 2020.

Kepala Komunikasi Korporat PT Pupuk Indonesia (Persero) Wijaya Laksana mengatakan bantuan yang disalurkan ke masyarakat berupa paket sembako, makanan siap saji, masker, cairan pencuci tangan, thermometer gun, hingga penyemprotan disinfektan di lingkungan warga dan tempat ibadah.

"Bantuan disalurkan di masing-masing wilayah kerja anggota perusahaan Pupuk Indonesia Grup. Sejak dini kami telah proaktif membantu masyarakat dengan upaya-upaya pencegahan, hingga bantuan sejumlah bahan pangan untuk meringankan mereka yang terdampak pandemi COVID-19," kata Wijaya di Jakarta, Senin.

Selain itu bantuan Pupuk Indonesia Grup juga tersalurkan kepada petugas medis, berupa Alat Pelindung Diri (APD), 600 ribu masker, dan sarung tangan medis, face shield hingga extra food.

Pupuk Indonesia sendiri mendapatkan penugasan dari Kementerian BUMN sebagai bagian dari Satuan Gugus Tugas (Satgas) Bencana BUMN di Wilayah Jakarta Barat.

Sementara itu, tiga anak perusahaan Pupuk Indonesia, yakni PT Pupuk Iskandar Muda, PT Pupuk Sriwidjaja dan PT Petrokimia Gresik, ditunjuk sebagai Koordinator wilayah Tanggap Bencana Pandemi COVID-19 oleh Satuan Tugas Bencana Nasional Kementerian BUMN.

Para produsen pupuk juga gencar melakukan sosialisasi pencegahan COVID-19 kepada petani, memberikan bantuan hand sanitizer, dan masker ke kios-kios resmi pupuk, serta penyemprotan disinfektan di gudang penyangga, hingga armada transportasi pupuk.

Di Kemanggisan Jakarta Barat contohnya, PT Pupuk Indonesia (Persero) telah melaksanakan beragam kegiatan sosial dalam rangka mencegah penyebaran virus dan membantu memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-hari di tengah masa pandemi.

Kegiatan sosial tersebut, antara lain membagikan 640 paket sembako, menyalurkan sedikitnya 890 paket kesehatan, 1.000 box makan siang dan 1.000 masker kepada warga Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat.

"Bantuan tersebut kami bagikan secara door to door dengan didampingi oleh masing-masing ketua RT dan para pemuda setempat. Pembagian secara door to door dimaksudkan menghindari perkumpulan massa yang berisiko terjadinya penyebaran virus," kata Wijaya.

Hal serupa juga dilakukan di beberapa daerah oleh para anggota holding yakni di Kabupaten Aceh Utara dilakukan oleh PT Pupuk Iskandar Muda, di Palembang Sumatera Selatan oleh PT Pupuk Sriwidjaja, di Jawa Timur oleh Petrokimia Gresik, di Kabupaten Karawang Jawa Barat oleh PT Pupuk Kujang, di Bontang dan Samarinda Kalimantan Timur oleh PT Pupuk Kaltim.

Para produsen pupuk tersebut secara proaktif melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan masyarakat meliputi tempat ibadah, tempat belajar dan kantor pemerintahan seperti kantor kecamatan, kantor desa, Polsek hingga Koramil.

Di Bontang, PT Pupuk Kaltim telah membagikan sedikitnya 132.000 masker kain kepada masyarakat, di mana masker kainnya tersebut dibuat oleh UKM Binaan Pupuk Kaltim di bawah supervisi Dinas Kesehatan Kota Bontang.

"Sehingga hal ini sekaligus memberdayakan dan memberikan pendapatan bagi UKM di tengah kondisi ekonomi yang terdampak COVID-19," kata Wijaya.

Sementara itu PT Petrokimia Gresik aktif menyalurkan bantuan kepada masyarakat hingga sosialisasi pencegahan COVID-19 kepada petani. Perusahaan juga memberikan bantuan hand sanitizer, disinfektan, dan masker ke kios-kios resmi pupuk, serta melakukan penyemprotan disinfektan di gudang penyangga, hingga armada transportasi pupuk.

Tak ketinggalan PT Rekayasa Industri pun telah menyalurkan bantuan kepada masyarakat di tiga lokasi proyek yang sedang dikerjakan yakni proyek gas processing facility Jambaran - Tiung Biru Bojonegoro, Proyek PLTU Lombok dan Proyek Geotermal Rantau Dedap.

Selain itu, Perusahaan juga ikut menyumbangkan bantuan APD untuk RSUD Pasar Minggu dan Puskemas sebanyak 1.700 set APD.

Baca juga: Dukung PSBB, Pupuk Indonesia bagikan sembako kepada warga Kemanggisan

 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020