Dengan protokol kesehatan, warga kompleks Bekasi-Jabar gelar shalat id

id Shalat Idul Fitri,Idul Fitri 1441 H,COVID-19,corona,protokol kesehatan,kota bekasi,jabar

Dengan protokol kesehatan, warga kompleks Bekasi-Jabar gelar shalat id

Puluhan warga kompleks bersiap menjalankan Shalat Idul Fitri 1441 Hijriah dengan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 di sebuah perumahan Kota Bekasi, Jawa Barat, Ahad (24/5/2020). (FOTO ANTARA/Virna P Setyorini)

Bekasi, Jabar (ANTARA) - Puluhan warga kompleks perumahan di Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat, Ahad menjalankan Shalat Idul Fitri 1441 Hijriah di jalan perumahan dengan menjalankan protokol kesehatan guna mencegah penularan COVID-19.

Shalat Id dilaksanakan tepat pukul 06.30 WIB hingga pukul 07.45 WIB dan dilanjutkan khutbah yang berisi ajakan pada warga untuk tetap istiqamah menjalankan sunah-sunah Rasulullah Muhammad SAW lainnya setelah sebulan melaksanakan ibadah puasa Ramadhan.

Pelaksanaan shalat yang dilaksanakan Jamaah Pengajian Al Ihsan Perumahan Pondok Pekayon Indah, Bekasi Selatan itu diikuti puluhan warga dengan tetap menjalankan protokol kesehatan COVID-19 seperti, menjaga jarak, tidak bersalaman, menggunakan masker, dan mencuci tangan dengan sabun.

Panitia pelaksanaan shalat Id menyediakan sabun dan air dalam tandon kecil untuk warga mencuci tangan, selain juga telah menggarisi jalan sebagai pedoman menjaga jarak dalam shaf shalat.

Ketua Rukun Tetangga (RT)05/Rukun Warga (RW) 12 Pondok Pekayon Indah Oyok Sagoro sebelumnya mengumumkan pada warga bahwa pengurus RT dan panitia shalat Id telah membuat protokol kesehatan dalam pelaksanaan shalat.

“Kami tetap menjalankan protokol kesehatan di mana jamaah shalat id wajib menggunakan masker, membawa 'hand sanitzer', membawa koran untuk alas sajadahnya, jarak antarjamaah satu meter, dan kami menyediakan sabun cuci tangan,” katanya.

Petugas RT juga melakukan penyemprotan disinfektan sepanjang jalan yang digunakan untuk shalat berjamaah pada Sabtu (23/5), pukul 22.00 WIB dan Minggu subuh pada pukul 05.00 WIB.

Usai shalat Id, panitia kembali mengingatkan warga untuk tidak bersalaman atau bersentuhan, tidak berkerumun atau bergerombol dan tetap menjaga jarak fisik saat berbincang. Bahkan, panitia juga menyarankan warga untuk langsung pulang ke rumah masing-masing.

Warga RT 05/RW 12 di Pondok Pekayon Indah memiliki kebiasaan berjajar sepanjang jalan untuk bersalaman usai Shalat Idul Fitri. Namun tahun ini, di tengah pandemi COVID-19, warga bersilaturahmi bermaaf-maafan dengan dengan tidak melakukan kontak fisik.

Baca juga: Bogor, Depok, Bekasi terbanyak kasus COVID-19 di Jawa Barat

Baca juga: Cegah COVID-19, Polres Metro Bekasi Kota gelar sterilisasi di masjid

Baca juga: Puluhan pengendara langgar ketentuan PSBB di GT Bekasi Barat 1

Baca juga: Wali Kota Bekasi tinjau 6 titik PSBB


Pewarta : Virna P Setyorini
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar