Gianyar (ANTARA) - Kodim 1616/Gianyar menyasar pembukaan akses jalan sepanjang 2.359 meter dengan lebar 8 meter dengan rencana pengerjaan selama satu bulan pada pelaksanaan Pra TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 tahun 2020.

"Pra TMMD sangat penting dilakukan agar kami dapat menghasilkan pekerjaan yang berkualitas, sehingga pencapaian TMMD ini menjadi tepat waktu dan tepat mutu," kata Dandim 1616/Gianyar Letkol Inf Frandi Siboro dalam keterangan pers yang diterima di Denpasar, Rabu.

Baca juga: TMMD Kodim 0208/Asahan diharapkan tumbuhkan kreativitas warga

Ia mengatakan pembukaan akses jalan itu mulai dari Banjar Singaperang, Desa Buahan Kaja menuju Banjar Saren, Desa Kerta, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar.

Menurut dia, perlu dilakukan pengerjaan awal agar program TMMD ke-108 dapat tercapai sesuai rencana dalam waktu yang relatif singkat dan dengan pertimbangan medan yang cukup sulit.

Adapun yang menjadi sasaran fisik lainnya yaitu pembuatan Bough Deckker dan Box Culvert serta pembuatan saluran beton sikluf dengan panjang 100 meter.

Baca juga: Satgas TMMD Bukit Barisan ajak warga melawan wabah COVID-19

Sementara itu, Kasdim 1616/Gianyar Mayor Inf I Gede Merta Santosa mengatakan dalam pelaksanaan Pra TMMD ini tidak banyak personel TNI maupun masyarakat yang dikerahkan karena situasi pandemi COVID-19.

Dalam pengerjaannya juga tetap menerapkan protokol kesehatan dalam bekerja, salah satunya seperti selalu menggunakan masker dan jaga jarak.

"Memang telah menjadi penekanan dari komando atas, terkait dengan berjalannya program TMMD selama pandemi COVID-19, namun semua protokol kesehatan dan keselamatan dalam bekerja harus dilaksanakan," kata Kasdim.

Baca juga: Kasdim Merauke tinjau pembangunan 20 rumah TMMD di Kampung Epem

Ia mengatakan pada pelaksanaan Pra TMMD, baik masyarakat maupun personel TNI mulai merapikan gundukan tanah dan membersihkan semak belukar di sepanjang jalan yang rencananya akan dibuka.

Pewarta: Ayu Khania Pranishita
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020