Kapolda Metro Jaya tinjau pos penyekatan di Kabupaten Bekasi

id polda metro jaya,Kapolda Metro Jaya,Pangdam Jaya

Kapolda Metro Jaya tinjau pos penyekatan di Kabupaten Bekasi

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Nana Sudjana (tengah) bersama dengan Pangdam Jaya Mayor Jenderal TNI Eko Margiyono (kanan) pada Kamis meninjau pos penyekatan yang berada di salah satu jalur utama menuju Jakarta di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Kamis (4/6/2020). (ANTARA/Fianda Rassat)

Jakarta (ANTARA) - Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Nana Sudjana bersama Pangdam Jaya Mayor Jenderal TNI Eko Margiyono meninjau pos penyekatan yang berada di salah satu jalur utama menuju Jakarta di Kedungwaringin Kabupaten Bekasi.

"Terkait dengan keberadaan kami dengan Pangdam ke lokasi penyekatan di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi yaitu dalam rangka untuk memotivasi anggota yang saat ini melaksanakan tugas," kata Nana di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Kamis.

Baca juga: Kapolda Metro Jaya sebut PSBB Jakarta berhasil

Nana menyampaikan Polri bersama TNI sudah menjalankan arahan dari Presiden Joko Widodo terkait mengawal kedisiplinan masyarakat soal protokol kesehatan agar terbebas dari virus corona.

Pihaknya bersama TNI disebutnya sudah turun ke lapangan untuk melakukan pengawasan terhadap masyarakat dan lebih banyak melakukan upaya pencegahan dan edukasi kepada masyarakat.

"TNI dan Polri dan Pemda bekerja bersama-sama dalam melakukan PSBB dan TNI dan Polri lebih banyak kami lebih banyak melakukan upaya-upaya pencegahan kita melakukan imbauan edukasi," ujarnya.

Baca juga: Kapolda Metro Jaya tinjau Stasiun Gambir jelang persiapan normal baru

Unsur Tiga Pilar juga dikerahkan untuk membubarkan kerumunan agar masyarakat mematuhi pelaksanaan protokol kesehatan. Nana mengatakan kunci agar penyebaran virus ini tidak meluas adalah masyarakat bisa patuh pada aturan.

"Keberhasilan dalam hal percepatan penanganan tergantung masyarakatnya,
karena saya yakin kalau masyarakat disiplin akan semakin menurun tingkat penularan penyebaran corona di Jakarta dan sekitarnya," tutur Nana.

Nana kemudian menyampaikan fokus petugas dalam pengamanan, pengawasan dan penegakan disiplin adalah titik keramaian seperti stasiun dan pasar dengan melibatkan tokoh agama.

Baca juga: Pangdam Jaya ajak masyarakat gotong royong lawan COVID-19

Pada kesempatan yang sama, Pangdam Jaya Mayor Jenderal TNI Eko Margiyono mengatakan pos pemeriksaan ini didirikan demi keamanan dan keselamatan masyarakat.

"Cek poin yang kita lakukan adalah untuk mencegah orang yang sudah terpapar virus kembali ke Jakarta. Karena jika kita tidak kendalikan orang kembali ke Jakarta sangat mungkin bisa terjadinya gelombang kedua. Ini yang harus kita pahami. Ini bukan berarti menyusahkan masyarakat yang ingin kembali ke Jakarta," ucap Mayjen TNI Eko.

Dia pun berharap masyarakat bisa memaklumi dan mematuhi kebijakan pemerintah dengan menyiapkan dokumen yang diwajibkan apabila ingin bepergian.

Baca juga: Kapolda Metro yakin masyarakat Jakarta tidak tolak jenazah COVID-19

Eko juga mengajak masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan yang merupakan hal paling mendasar untuk menghentikan pandemi COVID-19.

"Mari kita disiplin untuk mematuhi protokol kesehatan. Mari kita semua beradaptasi dengan budaya yang baru. Kira membiasakan selalu mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak paling tidak satu meter. Kuncinya adalah mari kita bersama-sama menghadapi COVID-19," pungkasnya.

Pewarta : Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar