Kami optimistis mampu merebut 5 persen pangsa pasar semen di Pontianak sepanjang 2020
Palembang (ANTARA) - PT Semen Baturaja (Persero) Tbk melakukan ekspansi penjualan ke Pontianak, Kalimantan Barat, sebagai strategi perseroan untuk meningkatkan pemanfaatan pabrik.

Direktur Pemasaran PT Semen Baturaja (Persero) Tbk Dede Parasade di Palembang, Rabu, mengatakan perseroan melakukan market trial ke Pontianak sejak 2019.

“Sekarang kami mulai mengirimkan produk semen ke Pontianak, untuk pengiriman perdana sebanyak 750 ton,” kata Dede.

Menurut Dede, pasar semen di Kalimantan khususnya di Pontianak masih sangat prospektif untuk dikembangkan, walaupun industri semen nasional "oversupply".

“Kami optimistis mampu merebut 5 persen pangsa pasar semen di Pontianak sepanjang 2020,” ujar dia.

Ia melanjutkan pada bulan ini, emiten berkode SMBR itu akan melakukan pengiriman sebanyak dua kali dengan kapasitas total mencapai 2.750 ton.

Apabila pengiriman perdana ini berhasil dengan baik, SMBR telah menyiapkan kontrak jangka panjang dengan distributor lokal.

Dede menjelaskan bahwa selain fokus pada penjualan semen di pasar Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), SMBR ke depannya akan terus gencar menggarap wilayah pasar baru.

Meski kondisi industri semen nasional saat ini masih "oversupply " dan pertumbuhannya cenderung negatif karena terdampak pandemi COVID-19.

“Dengan masuknya produk semen SMBR di Pontianak, kami ingin membuktikan bahwa SMBR juga mampu merambah pasar baru di luar Sumatera,” kata dia.

Produk semen SMBR diangkut dari Pelabuhan Boom Baru Palembang menuju Pontianak. Perseroan juga bekerja sama dengan PT Pelabuhan Tanjung Priok, anak perusahaan PT Pelindo II (Persero), sebagai perusahaan bongkar muat yang ditunjuk SMBR untuk jasa handling.

Selain Pontianak, SMBR pun sudah menyiapkan sejumlah wilayah pasar baru di luar Sumatera yang siap digarap untuk pemasaran produk semennya guna mencapai target perseroan pada 2020.

Baca juga: Permintaan semen diperkirakan anjlok 20 persen pada semester I 2020

Baca juga: Pusri-Semen Baturaja kerja sama suplai bahan baku

Baca juga: Penjualan Semen Baturaja tumbuh 2 persen semester I-2019

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2020