Kami berharap segera dapat menjadi wilayah dengan zona hijau
Purbalingga (ANTARA) - Bupati Purbalingga, Jawa Tengah Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan bahwa grafik pasien yang sembuh dari COVID-19 di wilayah setempat terus mengalami peningkatan yang signifikan.
 

"Alhamdulillah, tren grafik pasien COVID-19 yang dinyatakan sembuh semakin menunjukkan kenaikannya, per hari ini total pasien sembuh ada 43 orang," katanya di Purbalingga, Kamis.
 

Kendati demikian, dia menambahkan bahwa pada saat ini masih ada 15 orang pasien COVID-19 di wilayah setempat yang masih menjalani perawatan medis.

"Semoga 15 pasien yang masih di rawat ini seluruhnya juga akan segera sembuh dan kembali sehat," katanya.
 

Bupati juga berharap bahwa warga setempat terus mengikuti protokol kesehatan yang ketat sesuai anjuran pemerintah.
 

"Dengan adanya disiplin yang ketat dari masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan maka diharapkan tidak akan ada lagi tambahan positif COVID-19 di Purbalingga," katanya.
 

Bupati juga berharap wilayah Purbalingga segera dapat ditetapkan sebagai wilayah zona hijau.
 

"Kami berharap segera dapat menjadi wilayah dengan zona hijau namun semua itu membutuhkan peran aktif masyarakat di wilayah ini untuk bahu membahu memutus mata rantai penyebaran virus," katanya.

Baca juga: Tak gunakan masker, Kabupaten Purbalingga siap berlakukan sanksi

Baca juga: Pemkab Purbalingga intensif sosialisasi pencegahan COVID-19 di pasar

 

Bupati menyebutkan bahwa peran aktif masyarakat dapat dilakukan dengan selalu memakai masker saat melakukan aktivitas di luar rumah.
 

"Selain itu hindari kerumunan, rajin cuci tangan dan menjaga jarak fisik, jadikan hal ini sebagian bagian dari keseharian agar aman dari paparan virus," katanya.
 

Sementara itu bupati juga menambahkan bahwa masyarakat di wilayah ini perlu mempersiapkan diri menghadapi normal baru.
 

"Masyarakat perlu menyiapkan diri dalam menghadapi normal baru. Sambut dengan optimisme sambil disertai upaya menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat," katanya.
 

Bupati menjelaskan bahwa masyarakat harus menyesuaikan diri dengan kondisi saat ini agar dapat tetap produktif dan dapat terus berkarya namun juga tetap aman dari paparan COVID-19.
 

"Normal baru mendorong masyarakat untuk mulai beradaptasi dan tetap berkarya seperti biasa namun harus dijalani dengan bijaksana dengan protokol kesehatan yang dianjurkan," katanya.

Baca juga: Tiga pasien positif COVID-19 di Purbalingga dinyatakan sembuh

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020