Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi mulai dari perombakan direksi PT Pertamina (Pertamina) hingga Kementerian Perhubungan memastikan tidak ada kenaikan tarif angkutan umum, mewarnai pemberitaan sektor ekonomi pada Jumat (12/6/2020). Berikut beberapa berita selengkapnya yang layak disimak.
 

1. Pemerintah pastikan rasa aman sebelum buka destinasi wisata

Pemerintah akan memastikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dan wisatawan sebelum membuka destinasi wisata dalam kondisi transisi menuju normal baru.

Oleh karena itu, Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Odo RM Manuhutu dalam jumpa pers virtual di Jakarta, Jumat, mengatakan pemerintah akan melihat kesiapannya sesuai arahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.
 

2, Erick minta Nicke IPO anak usaha Pertamina

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meminta Nicke Widyawati selaku Direktur Utama Pertamina untuk melakukan penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) terhadap salah satu anak perusahaan.

"Dua tahun ke depan Bu Nicke harus bisa meng-go public satu, dua subholding," ujar Menteri Erick di Jakarta, Jumat.
 

3. Menteri Teten akan evaluasi program pemberdayaan UMKM

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki akan mengevaluasi program-program pemberdayaan UMKM mengingat banyak pelatihan UMKM yang tidak terhubung dengan ekosistem digital dan pembiayaan.

"Dari pengalaman pandemi COVID-19 ini banyak yang akan kita evaluasi program-program pemberdayaan UMKM dan Koperasi ke depannya," ujar Teten dalam diskusi daring yang digelar KoinWorks di Jakarta, Jumat.
 

4. Ini susunan baru Direksi Pertamina

PT Pertamina (Persero) melakukan perubahan organisasi sekaligus susunan Direksi Pertamina sesuai Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan (RUPS) yang dilakukan hari ini di Jakarta, Jumat.

Hal tersebut tertuang dalam Salinan Keputusan Menteri BUMN nomor SK-198/MBU/06/2020, tentang Pemberhentian, Perubahan Nomenklatur Jabatan, Pengalihan Tugas dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pertamina, tertanggal 12 Juni 2020.
 

5. Kemenhub pastikan tidak ada kenaikan tarif angkutan umum

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi memastikan tidak ada kenaikan tarif angkutan umum karena kapasitasnya sudah ditingkatkan menjadi maksimal 70 persen.

"Di sini, kami akan menjalankan pada fase ini dengan kapasitas seperti itu tidak ada kenaikan tarif angkutan umum. Karena dengan kapasitas 70 persen kita pertimbangkan sudah melalui BEP (break even point/balik modal)," kata Budi dalam diskusi virtual yang bertajuk "Kolaborasi untuk Adaptasi Kebiasaan Baru Sektor Transportasi" di Jakarta, Jumat.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020