Putussibau, Kapuas Hulu (ANTARA) -
Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Mohd Zaini mengatakan Pemkab Kapuas Hulu menyiapkan anggaran Rp61,890 milyar untuk pelaksanaan Pilkada serentak 2020 yang akan diselenggarakan pada 9 Desember 2020 mendatang.
 
"Berdasarkan Peraturan KPU, Pilkada serentak akan tetap dilaksanakan sesuai protokol kesehatan, sehingga kita siapkan anggaran Pilkada Kapuas Hulu sebesar Rp61.890.577.000 atau Rp61,890 milyar," kata Mohd Zaini, dihubungi ANTARA, di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Sabtu.
 
Dikatakan Zaini, anggaran Pilkada untuk KPU dan Bawaslu Kapuas Hulu dari Pemkab Kapuas Hulu tersebut dalam bentuk hibah yang bersumber dari dana daerah atau Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kapuas Hulu
Menurut dia, anggaran pilkada tersebut bertambah dari sebelumnya karena kewajiban melaksanakan protokol kesehatan, diantaranya untuk pengadaan alat pelindung diri (APD) dan adanya penambahan tempat pemungutan suara (TPS).
 
Zaini mengatakan dana untuk penyelenggaran pilkada serentak termasuk di dalamnya dana pengamanan pilkada untuk TNI-Polri dan dana tambahan untuk KPU Kapuas Hulu sebesar Rp1,152 milyar.
 
"Intinya Pemerintah Daerah Kapuas Hulu bersama KPU dan Bawaslu siap melaksanakan pilkada serentak," kata Zaini
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2020