Jakarta (ANTARA) - Informasi mengenai kesiapan Alat Pelindung Diri (APD) buatan dalam negeri untuk diekspor hingga susunan baru direksi Pertamina menghiasi pemberitaan bidang ekonomi dalam sepekan. Simak beberapa berita lain selengkapnya.

1. Mendag: Saatnya membuka ekspor APD

Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mengatakan bahwa pihak Kementerian Perdagangan (Kemendag) tengah mengevaluasi larangan dan pembatasan (lartas) ekspor untuk Alat Pelindung Diri (APD) buatan dalam negeri agar dapat dimudahkan ekspornya, apabila kebutuhan di nasional sudah terpenuhi.

"Memang beberapa pihak sudah minta untuk ekspor, saya kira ini sudah waktunya kita segera membukanya untuk dimudahkan ekspornya, apabila kebutuhan dalam negeri sudah terpenuhi," kata Mendag saat konferensi pers secara virtual, Kamis.
 

2. Startup besutan Kemenperin bangun teknologi pemetaan kebutuhan APD

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Gati Wibawaningsih mengapresiasi perusahaan rintisan asal Bandung yang menciptakan inovasi melalui pembuatan Platform GEO MAPID, yang dapat dimanfaatkan untuk memetakan kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) di Indonesia.

“MAPID adalah salah satu finalis program Startup 4 Industry dari kompetisi Making Indonesia 4.0 Startup yang diinisiasi oleh Kemenperin pada tahun 2018,” kata Gati lewat keterangannya diterima di Jakarta, Kamis.


3. Erick Thohir pangkas jumlah BUMN dari 142 jadi 107 perusahaan

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memangkas jumlah BUMN dari 142 menjadi 107 perusahaan sebagai upaya melanjutkan program efisiensi dan penyederhanaan jumlah perusahaan BUMN.

Berkurangnya jumlah BUMN ini tidak lain karena lahirnya konsolidasi BUMN, di antaranya adalah sektor farmasi dan asuransi.

“Khususnya pada situasi pandemi COVID-19 merupakan saat yang tepat melakukan restrukturisasi untuk memperkuat posisi BUMN baik posisi keuangan maupun posisi dalam industri,” kata Erick saat rapat kerja dengan Komisi VI DPR di Jakarta, Selasa.


4. Erick Thohir tunjuk Subakti Syukur sebagai Dirut Jasa Marga

Menteri BUMN Erick Thohir menunjuk Subakti Syukur sebagai Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, yang baru, menggantikan Desi Arryani dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahun Buku 2019, yang digelar Kamis (11/6/2020).

"Mengalihkan penugasan Subakti Syukur dari semula Direktur Operasi menjadi Direktur Utama," ujar Corporate Secretary Jasa Marga M Agus Setiawan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.


5. Ini susunan baru Direksi Pertamina

PT Pertamina (Persero) melakukan perubahan organisasi sekaligus susunan Direksi Pertamina sesuai Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan (RUPS) yang dilakukan hari ini di Jakarta, Jumat.

Hal tersebut tertuang dalam Salinan Keputusan Menteri BUMN nomor SK-198/MBU/06/2020, tentang Pemberhentian, Perubahan Nomenklatur Jabatan, Pengalihan Tugas dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pertamina, tertanggal 12 Juni 2020.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2020